31 C
Kudus
Jumat, Agustus 12, 2022
spot_img
BerandaKUDUSPATIJadi Korban Bencana...

Jadi Korban Bencana Alam? Ini Cara Ajukan Bantuan Perbaikan Rumah ke Pemkab Pati

BETANEWS.ID, PATI – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pati melalui Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (Disperkim) Kabupaten Pati menjamin akan memberikan bantuan kepada korban bencana alam. Data Disperkim, sejak 20 Desember 2021 hingga 11 Januari 2022 sudah ada 54 rumah yang mendapatkan bantuan perbaikan rumah dengan total Rp61,5 juta.

Kepala Disperkim Pati melalui Kepala Bidang Perumahan Suhartono mengungkapkan, bila ada bencana alam dan menimbulkan kerusakan rumah, bantuan bisa diberikan. Caranya, kepala desa membuat proposal untuk pengajuan bantuan.

“Jadi nanti kepala desa dipersilakan untuk membuat proposal pengajuan bantuan. Setelah proposal diterima kami (Disperkim), tim akan melakukan pengecekan lapangan,” ungkapnya saat dimintai keterangan, Selasa (28/6/2022).

- Ads Banner -

Baca juga: Banjir Bandang Terjang Tunjungrejo Pati, Puluhan Rumah Rusak

Setelah laporan diterima, tim dari Disperkim Pati juga akan meneruskan laporan ke Bupati Pati. Selanjutnya bupati meneruskan ke Badan Pendapatan, Pengelolaan Keuangan, dan Aset Daerah (BPPKAD) Kabupaten Pati untuk mentransfer uang bantuan kepada korban bencana melalui rekening BPD Jateng.

“Tugas kami (Disperkim) itu pascabencana. Jadi setelah kami lakukan pengecekan, nominal bantuan baru bisa ditentukan, disesuaikan dengan kerusakan rumah korban. Tapi untuk bantuan dari pemerintah daerah tidak serta merta langsung bisa cair seketika, perlu proses yang cukup panjang,” jelasnya.

Baca juga: Sering Terjadi Banjir, BPBD Pati Bakal Bentuk Desa Tangguh Bencana di Kecamatan Sukolilo

Untuk itu, Suhartono tidak bisa menjanjikan berapa lama waktu pencairan bantuan untuk perbaikan rumah. Namun yang pasti, bila ada rumah yang terdampak bencana, kepala desa diharapkan untuk membuat proposal laporan agar bisa ditindaklanjuti.

“Jadi silakan kepala desa membuat laporan, nanti kami akan cek ke lokasi. Berapa bantuan yang bisa didapatkan dari masing-masing rumah,” tandasnya.

Editor: Ahmad Muhlisin

LIPSUS 15 - Ketoprak Pati Pantang Mati

LIPUTAN KHUSUS

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

32,381FansSuka
15,327PengikutMengikuti
4,330PengikutMengikuti
90,084PelangganBerlangganan

Berita Terpopuler