31 C
Kudus
Minggu, Juni 26, 2022
spot_img
BerandaUMKMFasilitasi Pelaku UMKM,...

Fasilitasi Pelaku UMKM, Pemprov Jateng Bekerja Sama dengan Blibi Luncurkan Lapakjateng.id

BETANEWS.ID, SOLO – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Tengah dan Blibli menjalin kerja sama dalam mendorong transformasi digital bagi UMKM dengan meluncurkan lapakjateng.id pada Rabu (15/6/2022). Laman khusus di platform Blibli tersebut, menampilkan produk UMKM andalan Jawa Tengah.

Edward K. Suwignyo, Chief Marketing Officer Blibli menyampaikan, bahwa Blibli memahami pentingnya peran UMKM dalam memajukan perekonomian negara.

Selain itu, UMKM juga memegang peran krusial dalam menjalankan ekonomi kerakyatan di Tanah Air yang mengedepankan pemberdayaan masyarakat untuk meningkatkan kesejahteraan bersama.

- Ads Banner -

Baca juga: AHY Dorong Terjadinya Transformasi Digitalisasi Bagi Pelaku UMKM

“Berdasarkan riset yang Blibli lakukan bersama BCG dan Litbang Kompas, pemberdayaan UMKM adalah kunci penting dalam mendorong pertumbuhan inklusif di Indonesia. Hasil riset di antaranya, menunjukkan bahwa 84% UMKM telah membuka lapangan pekerjaan. Di mana 77% dari para UMKM tersebut menyerap tenaga kerja local,” ujarnya.

Dengan begitu, menurutnya kolaborasi ini diharapkan dapat memajukan sektor UMKM untuk mendorong pertumbuhan perekonomian sekaligus memperluas implementasi ekonomi kerakyatan secara inklusif.

“Sebagai salah satu pelaku industri di e-commerce, sinergi antara Blibli dengan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah lewat lapakjateng.id ini membuka peluang untuk kurasi produk-produk artisanal hasil karya UMKM Jawa Tengah. Di mana, kami optimis bahwa UMKM dapat bertumbuh secara berkelanjutan di platform B2C Blibli, lewat dukungan omnichannel dan ekosistem Blibli yang kuat,” ujar Edward.

Lanjutnya, saat ini, transformasi usaha ke arah digital menjadi salah satu strategi utama dari Pemerintah Provinsi Jawa Tengah untuk mendukung penguatan daya saing UMKM dan mengakselerasi pemulihan ekonomi.

Untuk itu, pihaknya menyambut baik adanya kolaborasi lanjutan dengan Blibli, bahkan dengan jaringan omnichannel (online to offline) yang dimiliki Blibli. Sehingga, nantinya dapat memperkuat upaya untuk membuat produk lokal makin maju dan naik kelas.

Ke depannya katanya, pelaku UMKM yang terdaftar sebagai penjual di lapakjateng.id juga bisa mendaftar ke program SIPlah dan Bela Pengadaan.

Lapakjateng.id sendiri menghadirkan lebih dari 2.500 UMKM terdepan, dengan sekitar 300.000 produk dari berbagai wilayah di Jawa Tengah yang telah melewati proses kurasi. Sehingga dijamin terpercaya dan memiliki produk yang berkualitas.

Hal tersebut, memungkinkan lapakjateng.id untuk menyediakan kategori belanja yang luas, mulai dari kuliner, fashion, kriya, kesehatan dan kecantikan, hingga desa wisata. Tak ketinggalan pembayaran PBB dan pajak kendaraan bermotor juga dilayani lewat kanal ini.

Edward juga memberikan contoh standar pada pada produk makanan yang dapat lolos proses kurasi. Salah satunya adalah harus lolos pemeriksaan dan sertifikasi dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

Baca juga: Begini Langkah Pemprov Jateng Bantu UMKM Ekspor Produk ke Mancanegara

“Terus kemudian kalau makanannya itu mau diklaim halal harus dari sertifikasi hal-hal yang sudah benar gitu. Nah terus kemudian informasi-informasi misalnya contoh kalau makanan ya nutrition fact dan segala macam,”paparnya.

Ia menegaskan bahwa sebenarnya syarat kurasi UMKM sangatlah mudah.

“Semua sudah jelas, paling syarat-syarat sederhananya cuma itu ya. Yang penting mereka sudah siap produknya sudah sesuai memenuhi standar, karena kan dikonsumsi orang,” jelasnya.

Editor : Kholistiono

Lipsus 14 - Penerapan Teknologi Bambu untuk Tanggul Laut Tol Semarang Demak

Tinggalkan Balasan

31,944FansSuka
15,127PengikutMengikuti
4,332PengikutMengikuti
80,005PelangganBerlangganan

Berita Terpopuler