31 C
Kudus
Senin, Juli 22, 2024

Dengan Grab OVO Drive-Thru, Bayar Pajak Kendaraan, PDAM, dan PBB Kini Makin Mudah dan Cepat

BETANEWS.ID, SOLO – Grab-OVO dan Pemerintah Kota (Pemkot) Solo meluncurkan layanan Grab-Ovo Drive-Thru Elektronifikasi Transaksi Pemerintah Daerah (ETP) di Galabo, Solo, Kamis (30/6/2022).

Direktur Grab Indonesia, Ridzki Kramadibrata menjelaskan, layanan tersebut memberikan kemudahan kepada masyarakat saat membayar Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) dan Pajak Bumi dan Bangunan (PBB). Menurutnya, layanan ini adalah pertama kali ada di Indonesia.

“Semuanya untuk kemudahan, dan mudah mudahan bisa menjadi contoh buat kota-kota lain agar bisa maju melalui teknologi untuk inovasi dan penggunaan,” katanya.

-Advertisement-

Baca juga: Gibran Resmikan Gedung Sekretariat Bersama yang Tampung 20 Ormas di Solo

Senada dengan Ridzki, Presiden Direktur OVO, Karania Dharmasaputra mengatakan, untuk jam operasional pelayanan drive-thru tersebut mengikuti jam operasional semua dinas, yakni dari pukul 8.00 sampai 15.00 WIB.

“Di sini juga bisa melayani pembayaran, jadi bisa kami sediakan juga layanan top-up. Jadi kami sebagai mana kita tahu online atau offline itu penting ya, ndak bisa sepenuhnya online. Ada orang yang masih perlu memegang struknya gitu,” kata Karania.

Karania mengatakan, meski saat ini pembayaran pajak kendaraan bermotor sudah terdapat aplikasinya, tapi masyarakat masih harus membayar dan juga menunggu selama kurang lebih dua minggu hingga mendapatkan bukti pembayaran pajaknya.

“Nah, di sini tadi cuma lima menit, dibayar di rumah dan drive-thru di sini cuma lima menit sudah dapat struknya,” ujarnya.

Baca juga: Grab dan Ganjar Luncurkan Ribuan Motor Listrik Viar untuk Driver

Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka mengatakan, layanan drive-thru tersebut memudahkan warga untuk melakukan transaksi perpajakan dan lain-lain.

“Adanya drive-thru ini dispesifikasikan bagi orang yang ingin memiliki kuitansi fisik,” ujar Gibran.

Suami Selvi Ananda itu juga berharap agar layanan drive-thru ETP itu bisa mempermudah masyarakat yang memiliki kesibukan sehingga tidak sempat membayar ke kantor pelayanan.

“Diharapkan juga ada penambahan lokasi dan penambahan layanan, supaya bisa merata di seluruh kota Surakarta,” pungkas Gibran.

Editor: Ahmad Muhlisin

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

42,000FansSuka
13,322PengikutMengikuti
30,973PengikutMengikuti
141,000PelangganBerlangganan

TERPOPULER