31 C
Kudus
Jumat, Agustus 12, 2022
spot_img
BerandaKISAHDemi Punya Modal...

Demi Punya Modal Nikah, Ridlo Nekat Utang Koperasi untuk Rintis Cumi Ndut

BETANEWS.ID, KUDUS – Ridlo Firmansyah (27) sore itu tampak sibuk melayani pembeli di outlet Cumi Ndut yang berada di samping Alfamart Desa Panjang, Kecamatan Bae, Kabupaten Kudus. Dengan cekatan, ia membolak-balik cumi yang ia panggang dengan gas portable. Sesekali, ia menuangkan bumbu yang bau harumnya langsung menyeruak.

Di sela-sela mematangkan cumi itu, ia tampak mengobrol dengan pembeli yang sudah menunggu, termasuk kepada betanews.id. Dalam ceritanya, Cumi Ndut adalah usaha kesekian yang sudah ia coba. Sebelumnya, ia pernah jualan Thaitea di Universitas Negri Semarang (Unnes) dan kerja di bengkel las di Kudus, dan kerja di pabrik.

Ridlo sedang melayani pembeli di Outlet Cumi Ndut. Foto: Kaerul Umam

“Bisnis Thaitea tutup karena kampus tutup total. Bengkel las juga sepi saat pandemi,” beber dia, Kamis (23/6/2022).

- Ads Banner -

Baca juga: Kisah Dewi Pontang-Panting Cari Nafkah Sejak Single Parent, Terus Semangat Agar Anaknya Sukses

Selang beberapa bulan sebelum merintis usaha Cumi Ndut, lanjutnya, ia juga pernah bekerja di toko onderdil motor yang tak bertahan lama, yakni hanya satu bulan saja.

“Sebenarnya bekerja di sana enak banget, gaji UMR, ada lemburnya, dan operasional makan ditanggung. Karena saya tidak suka diatur dan lebih nyaman hidup bebas, akhirnya keluar,” ungkap warga Desa Rendeng, Kecamatan Kota, Kudus tersebut.

Setelah keluar, Ridlo mengaku kebingungan, lantaran tidak mempunyai uang untuk modal usaha. Di sisi lain, ia harus mendapatkan uang untuk modal menikah. Dengan begitu, ia pun tak segan-segan pinjam koperasi untuk modal usaha.

“Waktu itu saya nekat untuk pinjam koperasi kurang lebih Rp6 juta untuk modal usaha Cumi Ndut ini. Tapi sebelumnya, saya belajar dengan teman saya di daerah Semarang yang juga berjualan seperti ini. Kurang lebihnya satu pekan belajar di sana untuk bumbu dan cara pengolahannya. Setelah cukup dan siap saya pun kembali ke Kudus untuk menjual Cumi Ndut ini,” tuturnya.

Baca juga: Kisah Dewi Pontang-Panting Cari Nafkah Sejak Single Parent, Terus Semangat Agar Anaknya Sukses

Ia bersyukur karena outlet Cumi Ndut kini jadi jujugan pecinta seafood. Apalagi, ia menyediakan menu cukup lengkap, seperti cumi, udang, dan gurita. Iapun juga melayani pemesanan lobster bagi yang berminat dengan sistem pre order (PO).

“Saya melayani mulai dari ukuran kecil, medium, besar, dan big size. Untuk ukuran kecil per porsi Rp7 ribu, medium Rp10 ribu, besar Rp15 ribu, dan big size Rp55 ribu,” tandasnya di outlet yang buka tiap hari mulai pukul 15.00 sampai 21.00 WIB itu.

Editor: Ahmad Muhlisin

LIPSUS 15 - Ketoprak Pati Pantang Mati

LIPUTAN KHUSUS

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

32,381FansSuka
15,327PengikutMengikuti
4,330PengikutMengikuti
90,084PelangganBerlangganan

Berita Terpopuler