31 C
Kudus
Minggu, Juni 26, 2022
spot_img
BerandaKUDUSPemdes Diminta Bisa...

Pemdes Diminta Bisa Gali Potensi Desa untuk Dikemas Lebih Menarik

BETANEWS.ID, KUDUS – Momen silaturahmi menjadi momen penting untuk kembali merekatkan komunikasi dan koordinasi. Seperti pertemuan para kepala desa dan perangkat desa se-Kecamatan Dawe bersama Bupati Kudus Hartopo. Semangat gotong royong dalam kebersamaan membangun desa digaungkan Hartopo pada kesempatan itu.

“Saya senang dengan kekompakan kepala dan perangkat desa seperti hari ini. Semangat ini tak boleh luntur saat program membangun desa,” paparnya saat menghadiri halalbihalal kepala desa beserta perangkat desa se-Kecamatan Dawe di Gedung Serbaguna Desa Kandangmas, Kamis (19/5/2022).

Baca juga : Pemdes Kesambi Pasang Alat Pendeteksi Banjir di Tiga Titik, Begini Cara Kerjanya

- Ads Banner -

Wujud membangun desa, lanjutnya, dengan memfokuskan menjadi desa mandiri. Setelah kasus Covid-19 melandai, dana desa yang sebelumnya untuk penanganan Covid-19 sedikit demi sedikit bisa digeser untuk pembangunan. Tentunya mengedepankan aturan regulasi yang berlaku.

Selanjutnya, pemerintah desa dapat menggali potensi desa lalu dikemas lebih menarik. Sehingga melahirkan wisata baru untuk meningkatkan perekonomian desa. Harapannya desa mandiri bisa terwujud.

Potensi desa juga bisa diangkat ke pameran seperti “Kudus Festival” yang digelar oleh Forum Komunikasi Masyarakat Kudus (FKMK) di Jakarta pada 21-22 Mei ini. Bupati menyampaikan, kalau tahun depan tradisi di Dawe bisa ikut dipamerkan, pasti gemanya lebih luar biasa.

“Kalau bisa mengangkat tradisi desa, pasti perekonomian lebih tumbuh. Apalagi potensi desa di Dawe bisa dipamerkan di Jakarta. Saya yakin, meskipun sedikit, akan berpengaruh,” ucapnya.

Sementara, Ketua DPRD Kudus Masan meminta kepala desa dan perangkat tidak ragu dan “ewuh” untuk menyuarakan kebutuhan masyarakat. Pasalnya, dirinya bersama bupati sejalan untuk sama-sama menyejahterakan masyarakat Kudus. Paling penting menurutnya, kekompakan pemerintah desa harus dijaga, demi pembangunan desa.

“Jangan ragu untuk mengadu dan menyuarakan keluh kesah masyarakat. Kita semua sama-sama ingin menyejahterakan masyarakat,” ungkapnya.

Baca juga : Naikkan Ekonomi Warga, Pemdes Kesambi Sulap Rawa Jadi Tempat Wisata

Sementara itu, Ketua Persatuan Kepala Desa (Persada) Kecamatan Dawe Aris Istiyanto mengungkapkan, halalbihalal digelar sekaligus diskusi bersama Bupati Kudus dan Ketua DPRD Kudus.

Pihaknya menyebut, kedatangan dua penggede Kudus juga meningkatkan semangat membangun perangkat desa se-Kecamatan Dawe.

“Acara halalbihalal ini benar-benar bermakna bagi kami. Jadi lebih semangat dan akan lebih meningkatkan kinerja kami,” ujarnya.

Editor : Kholistiono

Lipsus 14 - Penerapan Teknologi Bambu untuk Tanggul Laut Tol Semarang Demak

Tinggalkan Balasan

31,944FansSuka
15,127PengikutMengikuti
4,332PengikutMengikuti
80,005PelangganBerlangganan

Berita Terpopuler