31 C
Kudus
Minggu, Mei 22, 2022
spot_img
BerandaTeknologiSet Top Box,...

Set Top Box, ‘Penyambung Nyawa’ TV Analog Mulai Diburu Warga Kudus

BETANEWS.ID, KUDUS – Siaran televisi analog pada tanggal 25 Agustus 2022 di Kabupaten Kudus akan dimatikan. Agar televisi analog tersebut tak berakhir di tukang rongsok, dan tetap bisa difungsikan harus menggunakan Set Top Box (STB). Di Plaza Elektronik Kudus, STB pun mulai dicari warga.

Sales Konsultan Polytron di Toko Plaza Elektronik Kudus yakni Subiantoro menuturkan, sebulan setelah diumumkan akan ada peralihan televisi analog ke televisi digital, Plaza Eletronik pun mulai menyediakan STB. Bahkan, kini STB mulai diburu warga.

Set Top Box kini mulai ramai diburu warga agar televisi analog tetap mendapat siaran. Foto: Rabu Sipan.

Baca juga : TV Analog Akan Dimatikan, Penjualan TV Digital di Plaza Elektronik Laris Manis

- Ads Banner -

“Sejak Desember 2021 Plaza Elektronik mulai jual STB. Itu untuk menyediakan warga yang belum mampu beli televisi digital dan hanya punya televisi analog,” ujar pria yang akrab disapa Toro kepada Betanews.id, Jumat (4/3/2022).

Dia mengungkapkan, di Plaza Elektronik, ada dua brand STB, yakni merk Polytron dan Evercross. Untuk harga kata dia kisaran antara Rp 200 ribu hingga Rp 300 ribu per unitnya.

“Dengan STB tersebut, televisi analog akan dapat sinyal chanel dan bisa dioperasikan lagi. Sebab, pada tanggal yang ditentukan, TV analog akan bisa menangkap chanel,” bebernya.

Dia mengatakan, STB di Toko Plaza Elektronik yang berada di Jalan Ahmad Yani Nomor 94, Kelurahan Panjunan, Kecamatan Kota, Kudus saat ini tersedia sekitar 30 unit. Diakuinya, meski penjualan belum terlalu laris, tapi satu atau dua unit pasti ada yang laku terjual.

“Ada saja konsumen yang datang cari STB. Bahkan, saat ini STB merk Polytron sedang kehabisan. Kemungkinan mulai Juli 2022 atau mendekati hari tak berfungsinya televisi analog, penjualan STB akan makin laris,” ungkapnya.

Baca juga : Toko Eldorado Elektronik, Tak Hanya Termurah di Kudus Tapi Juga Terlengkap

Menurutnya, setelah dipasangi STB, televisi analog akan berfungsi layaknya televisi digital yang memiliki gambar lebih jelas dan tajam, suaranya juga lebih jernih. Untuk pemasangan, cukup dilakukan koneksi serta memprogram ulang seperti televisi baru.

“Namun tetap dibutuhkan antena. Kalau bisa pakai antena yang berkualitas, agar mendapatkan gambar yang sesuai serta mampu menangkap 22 sampai 25 chanel, tidak seperti televisi analog yang hanya mampu menangkap 16 chanel saja,” jelasnya.

Editor : Kholistiono

Lipsus 14 - Penerapan Teknologi Bambu untuk Tanggul Laut Tol Semarang Demak

Tinggalkan Balasan

31,944FansSuka
15,127PengikutMengikuti
4,337PengikutMengikuti
80,005PelangganBerlangganan

Berita Terpopuler