31 C
Kudus
Kamis, Juni 30, 2022
spot_img
BerandaSOLOTerminal Tirtonadi Akan...

Terminal Tirtonadi Akan Dikembangkan jadi Pusat Kegiatan di Solo

BETANEWS.ID, SOLO – Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi melakukan kunnjungan di Terminal Tirtonadi, Sabtu (8/1/2022). ia menyebut, terminal yang sangat ikonik itu bisa menjadi pusat kegiatan di Kota Solo. Mengingat, selain menjadi tempat mangkal bus, terminal tersebut juga dikengkapi berbagai fasilitas penunjang seperti Tirtonadi Convention Hall, Sport Center, dan lokasi yang luas untuk food court.

“Solo ini kota budaya yang luar biasa. Banyak hal menarik yang bisa kita angkat di sini. Tirtionadi ini kunjungannya relatif menurun. Nah kita akan membuat suatu format baru di terminal ini agar menjadi pusat kegiatan,” kata Budi.

Budi mengatakan, secara umum di terminal tersebut terdapat Convention Hall yang bisa digunakan untuk menggelar kegiatan kesenian dengan fasilitas yang sangat lengkap, seperti pengkondisian udara (AC), audio yang bagus, dan yang lainnya. Selain itu, dari sisi komersial, ballroom tersebut juga bisa menghasilkan dan bisa menghidupi kegiatan yang ada di sana.

- Ads Banner -

Baca juga: Puji Cepatnya Pembebasan Lahan di Jateng, Menhub: ‘Di Tempat Lain Harus Panggil Kapolda Pangdam’

“Kita juga membuat sport center yang bisa digunakan untuk basket, bulutangkis, voli, dan sebagainya suapaya anak-anak muda itu tertarik untuk ke sini. Kita juga membuat food court agar menarik pembeli bisa ke sini,” tuturnya.

Lebih lanjut ia mengatakan, Terminal Tirtonadi merupakan terminal pertama di Indoesia yang menggunakan format city center. Dengan konsep tersebut, menurutnya akan menarik minat masyarakat untuk bepergian menggunakan bus.

“Nah, ini kan kita menaikkan value terminal. Artinya segmentasi terminal ini kita naikkan sehingga masyarakat yang tadinya tidak naik bus, mereka akan menggunakan,” ujarnya.

Baca juga: Menhub Sebut Rel Layang Joglo Bisa Kurangi Kemacetan di Solo

Sementara itu, Wali Kota Solo, Gibran Rakabuminya Raka sangat mengapresiasi konsep dari Menteri Perhubungan yang membuat Terminal Tirtonadi menjadi suatu pusat kegiatan. Menurutnya, tempat tersebut juga bisa digunakan oleh masyarakat sebagai pusat budaya dan kreatifitas untuk anak-anak muda.

“Kan sebelum diresmikan ini sudah ramai dilakukan untuk evnt-event seperti event Solo Keroncong, Rock In Solo, atau kemarin anak saya juga ikut turnamen taekwondo di sini. Jadi pascapandemi ini nanti, kita bisa menggenjot lagi di kota Solo ini untuk event-event kebudayaan. Ini kami menyambut baik sekali inovasi dari Pak Menhub,” tandas Gibran.

Editor: Ahmad Muhlisin

Lipsus 14 - Penerapan Teknologi Bambu untuk Tanggul Laut Tol Semarang Demak

Tinggalkan Balasan

31,944FansSuka
15,127PengikutMengikuti
4,332PengikutMengikuti
80,005PelangganBerlangganan

Berita Terpopuler