31 C
Kudus
Rabu, Juni 29, 2022
spot_img
BerandaBISNISMewah dan Full...

Mewah dan Full Ukiran, Sangkar Perkutut Karya Warga Kudus Ini Peminatnya Hingga Luar Negeri

BETANEWS.ID, KUDUS – Sangkar burung perkutut yang dikerjakan dua orang pria di Jalan PR Sukun, Gang 6, Desa Gondosari, Kecamatan Gebog, Kabupaten Kudus itu hampir jadi. Meski belum sempurnya, sangkar yang penuh dengan ukiran naga berpadu dengan ukir Kudusan itu terlihat indah.

Menurut salah satu pembuatnya, Mustakim Jesi, sangkar yang dibuatnya itu adalah sangkar perkutut ukir naga dan sangkar perkutut raja. Sangkar itulah yang peminatnya hingga mancanegara.

Jesi sedang membuat sangkar burung perkutut. Foto: Rabu Sipan

“Sangkar Perkutut Soko ini kan seringnya saya pasarkan di Facebook. Beberapa waktu lalu sempat ada warga Thailand, Vietnam, dan Malaysia yang  berminat dengan sangkar karyaku,” ujar Takim kepada Betanews.id, Sabtu (8/1/2022).

- Ads Banner -

Baca juga: Model Sangkar yang Unik dan Penuh Misteri Bikinan Jesi Ramai Diburu Pecinta Burung Perkutut

Takim mengaku bangga hasil karyanya diminati warga mancanegara, meskipun belum terealisasi akad jual beli. Yang warga Thailand tertarik dengan sangkar perkutut yang ada ukir naganya, sedangkan warga Vietnam tertarik dengan Sangkar Perkutut Raja.

“Namun sayangnya komunikasinya itu terhalang oleh bahasa. Saya tidak bisa ataupun paham bahasa mereka. Sehingga saya terkendala untuk menjelaskan secara detail sangkar yang mereka minati. Sedangkan yang warga Malaysia belum cocok masalah harga,” bebernya.

Dia mengatakan, dua model sangkar tersebut full ukiran dan terbuat dari kayu jati berkualitas. Untuk harga, sangkar perkutut ukir naga dibanderol Rp7,5 juta dan sangkar burung perkutut raja antara Rp3,5 juta hingga Rp7 juta.

“Sangkar perkutut ukir naga ini pesanan orang Jawa Timur. Sedangkan sangkar perkutut raja pesanan orang Jakarta. Bahkan sudah diberi uang muka,” jelasnya.

Baca juga: Bahan Premium yang Penuh Seni Ukir dan Misteri, Sangkar Nogososro Karya Jesi Laku Rp 10 Juta

Dia mengatakan, memulai bikin sangkar perkutut sejak 2016. Saat itu, Takim punya motivasi membikin sangkar perkutut yang unik dan punya nilai seni tinggi. Sangkar perkutut yang dibikinnya harus lain dari yang sudah ada.

“Oleh sebab itu, harga Sangkar Perkutut Soko harganya jutaan. Karena selain bahannya berkualitas, sangkar karya saya itu penuh ukiran dan makna,” terangnya.

Meski dibanderol jutaan, tapi Sangkar Perkutut Soko tak pernah sepi peminat. Mereka berasal dari berbagai daerah mulai Kudus, Jakarta, Jawa Barat, Sumatra, Bali, Samarinda, dan daerah lainnya.

“Ada rupa memang ada harga. Kami sajikan kepada pelanggan sebuah mahakarya seni untuk burung anggungan kesayangan mereka,” tandasnya.

Editor: Ahmad Muhlisin

Lipsus 14 - Penerapan Teknologi Bambu untuk Tanggul Laut Tol Semarang Demak

Tinggalkan Balasan

31,944FansSuka
15,127PengikutMengikuti
4,332PengikutMengikuti
80,005PelangganBerlangganan

Berita Terpopuler