31 C
Kudus
Rabu, Desember 8, 2021
spot_img
BerandaEkonomiPPKM Dilonggarkan, Penumpang...

PPKM Dilonggarkan, Penumpang PO Shantika Langsung Meroket

BETANEWS.ID, KUDUS – Sejak Kabupaten Kudus dinyatakan turun ke level 2 dalam Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM), roda perekonomian Kota Kretek pun mulai bergeliat. Hal itu juga berdampak positif bagi Perusahaan Otobus (PO) New Shantika yang mengalami kenaikan penumpang.

Pemilik PO Shantika Suhartono mengatakan, saat Kota Kretek dinyatakan PPKM level dua, penumpang PO Shantika mulai meningkat, sehingga ada peningkatan pula jumlah armada yang beroperasi setiap harinya. Dari 100 bus armada, pihaknya sudah bisa mengoperasikan 80 bus.

“Dulu selama pandemi lagi tinggi-tingginya, hanya 30 sampai 40 bus yang beroperasi. Itu pun tidak penuh hanya 12 penumpang saja dari 30 tempat duduk yang disediakan. Sekarang, alhamdulillah armada yang beroperasi sudah 80 bus setiap harinya dan penumpang penuh,” ujar Suhartono saat ditemui di Garasi PO Shantika di Jalan Raya Kudus-Jepara, Desa Papringan, Kecamatan Kaliwungu, Kabupaten Kudus, Jumat (3/9/2021).

- Ads Banner -

Baca juga: Perekonomian PKL GOR Kudus Kembali Menggeliat Setelah Ada Pelonggaran PPKM

Dia menuturkan, saat pandemi itu, pihaknya tetap beroperasi agar pelanggan setianya tidak pindah ke PO lain. Menurutnya, jika saat itu berhenti operasi, kasihan pelanggan dan kasihan juga para kru yang harus kehilangan pendapatan.

“Saya bersyukur sekarang keadaan mulai membaik. Semoga keadaan bisa normal kembali dan 100 armada yang dimiliki PO Shantika bisa beroperasi setiap harinya,” harap Suhartono yang juga seorang pengusaha kontraktor.

Manajer Operasional PO New Shantika Totok Priyo Wiyono menambahkan, peningkatan jumlah penumpang ini memang tidak terlepas dari turun level PPKM di Kabupaten Kudus dan sekitarnya. Sehingga warga yang dulunya terkekang tidak bisa merantau cari nafkah, sekarang mulai keluar daerah untuk bekerja.

Baca juga: Terminal Bakalankrapyak Dibuka Kembali, Bus Peziarah Mulai Berdatangan

“Saat Kudus masuk PPKM Level dua, warga mulai keluar cari kerja untuk membenahi perekonomian keluarga mereka,” ujar pria yang akrab disapa Priyo tersebut.

Dia mengatakan, beberapa daerah yang jadi tujuan untuk bekerja warga Kudus dan sekitarnya adalah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi (Jabodetabek), dan Bandung.

“Ya alasannya rute trayek PO Shantika, Jepara-Kudus-Jabodetabek dan Bandung. Selain itu banyak fasilitas saat naik bus Shantika. Selain kenyamanan, bus juga dilengkapi wifi, USB charge, AC, toilet, televisi, musik, dan servis makan sekali,” tandasnya.

Editor: Ahmad Muhlisin

Lipsus 10 - Kisah Oei Tiong Ham, Sang Raja Gula Terkaya di Asia Tenggara dari Semarang

Tinggalkan Balasan

31,087FansSuka
15,127PengikutMengikuti
4,337PengikutMengikuti
70,075PelangganBerlangganan

Berita Terpopuler