31 C
Kudus
Rabu, September 22, 2021
spot_img
BerandaKulinerMengenal Kombucha Parijoto,...

Mengenal Kombucha Parijoto, Minuman Kekinian dari Muria

BETANEWS.ID, KUDUS – Di depan pelataran sebuah rumah yang berada di Desa Colo, Kecamatan Dawe, Kabupaten Kudus, terlihat dua orang sedang memisahkan buah parijoto dari tangkainya. Kemudian, setelah semua buah terkumpul, ia pun bergegas masuk ke dapur untuk mencuci buah yang berwarna ungu itu.

Setelah tercuci bersih, selanjutnya buah parijoto di masukkan ke dalam air yang sudah mendidih dan setelahnya dituang ke dalam toples kaca. Hal itu adalah bagian dari proses pembuatan Kombucha Parijoto.

Beberapa orang sedang menikmati Kombucha Parijoto. Foto: Kartika Wulandari.

Baca juga : Ini Segudang Manfaat Teh Tubruk dan Celup Parijoto Alammu

- Ads Banner -

Triyanto R Soetardjo, Owner dari Kulturia Kombucha mengatakan, proses pembuatan Kombucha Parijoto memakan waktu cukup lama. Sebab, ada proses fermentasi sekitar 14 hari.

“Setelah air rebusan buah parijoto yang sudah di tuang ke toples itu dingin, kemudian dimasukkan scoby dan starter. Dan langkah terakhir, toples ditutup menggunakan kain putih hingga kencang, agar kedap udara. Dan dibiarkan hingga 2 minggu lamanya,” ujar Rian, Jumat (10/9/2021).

Ia menjelaskan, Kombucha merupakan minuman sehat yang kini sedang digandrungi oleh masyarakat, khususnya anak muda.

“Sebenarnya Kombucha adalah minuman tradisional yang berasal dari Cina, dan baru masuk di Indonesia baru 3 tahunan belakangan ini,” jelasnya.

Ia pun menyampaikan, awal mula idenya untuk membuat Kombucha Parijoto, karena terinspirasi dari temannya.

“Saya tau Kombucha ini dari teman saya asal Bandung yang berjualan Teh Kombucha, pada tahun 2019. Lalu, saya pun punya ide untuk membuat Kombucha. Tapi bukan dari the, melainkan dari buah parijoto untuk mengangkat potensi lokal,” jelasnya.

Tak hanya parijoto saja, ia pun membuat Kombucha Kopi Muria. Hal itu tak lepas dari misinya untuk mengangkat potensi lokal, sesuai namanya Kulturia.

Baca juga : Penjualan Sirup Parijoto Produksi Alammu Alami Peningkatan pada Masa Pandemi

Untuk rasa Kombucha Parijoto, katanya, memiliki cita rasa asam manis. Sedangkan untuk Kombucha Kopi Muria, ada perpaduan rasa asam manis dan sedikit pahit.

Sedangkan untuk harga, Rian membanderolnya Rp 40 ribu untuk Kombucha Prijoto ukuran 250 ml dan Rp 140 ribu untuk ukuran 1000 ml.

“Untuk penjualanya, kami menjualnya melalui media sosial Instgaram di @kulturia.official dan WhatsApp 081568345023,” jelansya.

Editor : Kholistiono

Lipsus 7 - Sejarah Kereta Api Pertama di Indonesia dan Reaktivasi Jalur Semarang-Lasem

Tinggalkan Balasan

30,414FansSuka
14,922PengikutMengikuti
4,321PengikutMengikuti
52,135PelangganBerlangganan

Berita Terpopuler