31 C
Kudus
Rabu, September 22, 2021
spot_img
BerandaTeknologiKeren! Udinus dan...

Keren! Udinus dan IPB Ciptakan Robot Pemetik Buah

BETANEWS.ID, SEMARANG – Fakultas Teknik (FT) Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) Semarang berkolaborasi dengan Institut Pertanian Bogor (IPB) University kembangkan robot yang mampu  memproses panen buah melon.

Ketua pengembang robot, M Ary Heryanto mengatakan, kolaborasi tersebut merupakan salah satu tindak lanjut dari kerja sama antara Udinus dengan IPB, beberapa waktu lalu.

“Udinus diwakili oleh 3 dosen dari Fakultas Teknik dan 1 dari Prodi S-1 Teknik Informatika,” jelasnya, Jumat (3/9/2021).

- Ads Banner -

Baca juga: Mahasiswa UDINUS Semarang Ciptakan Alat Pendeteksi Diabetes Tanpa Jarum Suntik

Dia menjelaskan, pengembangan robot pemanen melon yang sedang dalam proses pengerjaan merupakan bentuk kerja sama dan saling belajar antara IPB dan Udinus. Robot tersebut diciptakan untuk membantu petani.

“IPB belajar tentang robotika, kami belajar tentang teknologi pertanian di sana,” ujarnya.

Dalam proses pengembangan, ungkap Ary, tim dari IPB bertugas membuat sensor untuk mendeteksi kematangan buah melon. Sementara tim dari Udinus bertugas membuat mekanisme lengan robot yang nantinya bisa bergerak dan memetik buah melon.

Baca juga: Mengenal Anjas, Difabel Asal Kudus yang Ciptakan Aplikasi Penerjemah Bahasa Isyarat

“Hingga saat ini, project Melon Harvesting Robot memasuki fase penggabungan antara motor dan lengan robot dengan sensor penentu kematangan melon,” paparnya.

Robot yang saat ini masih dalam pengembangan nantinya menggunakan kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI), di mana robot tersebut nantinya mampu untuk menentukan tingkat kematangan melon.

“Penentuan kematangan itu didasarkan atas pengamatan warna serta suara khas melon ketika diketuk,” tandasnya.

Editor: Ahmad Muhlisin

Lipsus 7 - Sejarah Kereta Api Pertama di Indonesia dan Reaktivasi Jalur Semarang-Lasem

Tinggalkan Balasan

30,414FansSuka
14,922PengikutMengikuti
4,321PengikutMengikuti
52,135PelangganBerlangganan

Berita Terpopuler