31 C
Kudus
Senin, Oktober 25, 2021
spot_img
BerandaKUDUSHarga Bawang Merah...

Harga Bawang Merah dan Sayuran di Kudus Naik Selama Penyekatan, Harga Cabai Anjlok

BETANEWS.ID, KUDUS – Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4 resmi dilanjut sampai Senin (2/8/2021) depan. PPKM tersebut, dianggap sebagai biang kerok melambungnya beberapa komoditas pokok.

Satu di antara pedagang di Pasar Bitingan Kudus yakni Aslimah (50) menuturkan, saat ini harga beberapa bahan pokok di Pasar Bitingan naik. Menurutnya, kenaikan harga tersebut dikarenakan diberlakukan PPKM Darurat dan dilanjutkan level 4, yang banyak penyekatan jalan.

Salah satu penjual sembako di Pasar Bitingan Kudus. Foto: Rabu Sipan

Baca juga : Beri Kelonggaran Warga, Ini Lima Titik Jalan di Kudus yang Sudah Dibuka

- Ads Banner -

“PPKM itu lho mas banyak jalan disekat. Mungkin itu yang menjadikan harga beberapa komoditas yang naik,” ujar Aslimah kepada Betanews.id, Selasa (27/7/2021).

Aslimah pun merinci harga – harga komoditas yang naik. Di antaranya, bawang merah naik sekitar Rp 12 ribu per kilogram. Yang tadinya harga bawang merah Rp 28 ribu jadi Rp 40 ribu per kilogram. Bawang putih naik sekitar Rp 8 ribu per kilogram. Dari yang mulanya harga Rp 22 ribu jadi Rp 30 ribu per kilogram.

“Selain dua komoditas tersebut, sayuran juga banyak yang naik harganya,” ungkapnya.

Dia menuturkan, untuk sayuran yang naik paling signifikan itu seledri. Dari yang harga Rp 10 ribu jadi Rp 40 ribu per kilogram. Brokoli juga harganya naik, dari Rp 15 ribu jadi Rp 26 ribu. Wortel yang tadinya harganya Rp 10 ribu naik jadi Rp 20 ribu per kilogram.

“Tomat dan kentang juga naik. Harga tomat naik sekitar Rp 13 ribu per kilogram. Sedangkan kentang naik hanya Rp 2 ribu per kilogram,” rincinya.

Hal yang senada juga diungkapkan pedagang lainnya yakni Sanah. Dia mengatakan, selama pandemi memang harga beberapa komoditas naik. Namun, untuk saat ini selain ada beberapa bahan pokok naik, juga banyak juga komoditas yang turun. Satu di antaranya cabai.

“Untuk saat ini harga cabai malah turun. Sekarang harga cabai hanya Rp 15 ribu per kilogram. Padahal sebelumnya harganya itu Rp 40 ribu per kilogram,” ujarnya.

Terpisah Kasi Fasilitasi Perdagangan Dinas Perdagangan Kudus Teddy Hermawan mengatakan, kenaikan harga bawang dan sayuran dikarenakan di Kudus tidak ada panen. Menurutnya, bawang sentranya di Brebes, sayuran juga didatangkan dari lain daerah. Sedangkan saat ini masih PPKM dan banyak penyekatan jalan.

“Kalau banyak penyekatan jalan, otomatis pendistribusian komoditas tersebut terhambat. Sehingga berpengaruh di harga,” bebernya.

Baca juga : Keluh Ojol Kudus Akibat Penyekatan, Kena Omel Konsumen Hingga Boros BBM

Dia pun menganggap, kenaikan harga beberapa komoditas tersebut masih wajar. Sebab kenaikannya tidak begitu signifkan. Ia pun berharap pandemi Covid – 19 bisa segera usai.

“Kenaikan harga beberapa komoditas ini masih wajar. Semoga saja pandemi segera berakhir,” tutupnya.

Editor : Kholistiono

Lipsus 10 - Kisah Oei Tiong Ham, Sang Raja Gula Terkaya di Asia Tenggara dari Semarang

Tinggalkan Balasan

31,087FansSuka
15,023PengikutMengikuti
4,337PengikutMengikuti
62,220PelangganBerlangganan

Berita Terpopuler