31 C
Kudus
Kamis, April 18, 2024

Lentog Tanjung Bu Sugi, Disukai Banyak Orang Karena Kuahnya Lebih Kental

BETANEWS.ID, KUDUS – Dua orang pembeli terlihat duduk berdampingan di salah satu Warung Lentog Tanjung Bu Sugi, di Pusat Kulier Desa Tanjungkarang, Kecamatan Jati, Kabupaten Kudus. Sang pria terlihat sedeang meminum teh dan wanita di sampingnya itu masih menyantap kuliner khas Kudus itu. Sementara seorang wanita berhijab tampak dengan ramah menunggu pengunjung yang tiba untuk masuk ke warungnya. Dia adalah Rika penerus usaha kuliner Lentog Tanjung Bu Sugi. 

Rika mengaku sudah menjalankan usaha kuliner ini sepuluh tahun lalu. Dalam sehari, Rika bisa menghabiskan tiga kilogram beras untuk dijadikan lontong. Sekilas lentog tanjung terlihat serupa dengan lontong sayur. Bedanya, Lentog Tanjung memiliki kuah yang gurih dan sangat kental dengan kuah dimasak terpisah. Sedangkan lontong sayur kuah dan sayur dimasak secara bersamaan.

“Tentunya ada bedanya, lontong sayur hanya santan sedangkan Lentog Tanjung terdapat gori, sambal, tahu, tempe, dan telur,” kata Rika, Senin (25/01/2021).

Baca juga: Lentog Tanjung Pak Warsito, Santapan Pembuka Hari yang Bisa Jual 400 Porsi Sehari

Lentog tanjung disajikan diatas piring yang sudah lebih dulu dialasi daun pisang. Hal itu membuat cita rasa gurih dari santan, menjadi semakin sedap sebab aroma dari daun pisang. Sehingga menambah kenikmatan saat memakannya. Ditambah dengan kuahnya yang kental, menambah cita rasa gurih pada saat menikmatinya.

“Bedanya dari Warung Lentog Tanjung lainnya, kuah yang  saya buat itu lebih kental,” jelasnya

Rika menjelaskan, semua warung Lentog Tanjung, di dalamnya terdapat sebuah pikulan. Pikulan ini menjadi ciri khas karena digunakan oleh penjual terdahulu untuk berkeliling menjualnya.

“Khasnya Lentog Tanjung memang dipikul, karena pedagang terdahulu berjualan keliling ke rumah-rumah,” imbuhnya.

Baca juga: Rumah Makan Nasi Opor Sunggingan, Tempat Kuliner Favorit Langganan Pejabat hingga Artis

Di warung yang buka setiap hari mulai pukul 7.00 hingga 13.00 WIB itu, pelanggan bisa menikmati seporsi Lentog Tanjung dengan harga Rp 5 ribu. Berbagai makanan pendamping juga disediakan seperti aneka sate, telur puyuh, kerupuk, dan lain-lain.

Salah satu pembeli, Bella mengaku sudah lama berlangganan Lentog Tanjung Bu Sugi. Menurutnya, Lentog Tanjung di warung ini enak terutama dengan kuahnya.

“Saya sering makan Lentog Tanjung di warung ini dan sudah langganan lama. Rasanya enak dan yang paling saya suka adalah kuahnya,” pungkasnya.

Penulis Nurkarimah (Mahasiswa Magang UIN Walisongo)

Editor: Ahmad Muhlisin

Redaksi
Redaksi
Beta adalah media online yang lahir di era digital. Berita yang disajikan unik, menarik dan inspiratif. Serta dikmas dalam bentuk tilisan, foto dan video.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

42,000FansSuka
13,322PengikutMengikuti
30,973PengikutMengikuti
135,000PelangganBerlangganan

TERPOPULER