31 C
Kudus
Senin, Maret 1, 2021
Beranda Kudus Jam Operasional Terminal...

Jam Operasional Terminal Bakalankrapyak Dipersempit, Banyak Peziarah Putar Balik

BETANEWS.ID, KUDUS – Terminal wisata Bakalankrapyak, Desa Bakalankrapyak, Kecamatan Kaliwungu, Kabupaten Kudus, tampak lengang, Kamis (14/1/2021). Sepinya tempat transit peziarah itu imbas dari adanya Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di Kota Kretek. Tak banyak orang yang bisa ditemui di tempat tersebut, hanya terlihat beberapa petugas yang menunggu bus peziarah datang. Salah satunya adalah Rusikan (54) Koordinator Terminal Wisata Bakalankrapyak.

Ditemui di sela-sela jam kerjanya itu, Rusikan akan menjelaskan aturan PPKM yang berlaku di terminal tersebut mulai 11 Januari 2021 hingga 25 Januari 2021 mendatang. Ia menjelaskan, selama PPKM jam operasional terminal juga ikut diubah, yakni hanya dibuka pada pukul 06.00 – 19.00 WIB setiap harinya.

Terminal Wisata Bakalankrapyak terlihat sepi, Kamis (14/1/2021). Foto: Nila Rustiyani.

“Jadi kalau ada yang sudah terlanjur datang, lihat kalau tutup pasti dia akan kembali dan tidak melanjutkan ziarah,” jelas lelaki berbaju putih tersebut.

- Ads Banner -

Baca juga: Pantau PPKM di Empat Perusahaan, Hartopo Sebut Sudah Sesuai Surat Edaran

Akibatnya, selama empat hari, kemarin, Terminal Bakalankrapyak hanya didatangi satu hingga dua bus saja setiap harinya. Lebih sedikit dibandingkan saat sebelum PPKM dilaksanakan. “Biasanya (sebelum PPKM) lumayan, bisa sepuluhan bis,” ungkapnya.

Kemudian, menyinggung dampak yang dihadapi pihak terminal terkait PPKM, Rusikan mengungkapkan bahwa bus-bus dari luar kota banyak yang tidak bisa masuk saat malam. Untuk selanjutnya, jika ada komando dari atasan untuk menutup akses bus luar kota untuk masuk ke terminal, ia tidak segan untuk menurutinya.

“Kalau saat ini masih bisa, tapi pagi. Nanti kalau ada wacana ditutup ya ditutup,” jelas Rusikan kepada betanews.id.

Baca juga: Kudus Terapkan PPKM, Hari Ini Hartopo Pantau Aktivitas di PR Sukun

Di sisi lain, Komarudin, sopir bus Komara Putra Manggala dari Tangerang-Cikupang mengungkapkan, adanya PPKM membuat banyak pesanan bus terganggu. Bahkan, sebelum pemberlakuan pembatasan sosial lagi, H-5 banyak yang tiba-tiba minta pembatalan.

Namun, dia tidak menyalahkan jika Kabupaten Kudus memberlakukan jam operasional dari jam 06.00-19.00 WIB. Komarudin malah  merasa tenang sebab Kudus masih membuka akses untuk para penyewa jasanya berziarah di Makam Sunan Kudus. “Soalnya ada juga yang tidak boleh, seperti di Kadilangu, Demak,” pungkasnya.

Editor: Ahmad Muhlisin

Tinggalkan Balasan

28,620FansSuka
14,316PengikutMengikuti
4,311PengikutMengikuti
29,350PelangganBerlangganan

Berita Terpopuler