31 C
Kudus
Sabtu, Januari 16, 2021
Beranda UMKM Tas Cantik Produk...

Tas Cantik Produk Marva Hadycraft, Kombinasi Jeans dan Batik Khas Pati

BETANEWS.ID, PATI – Di sebuah rumah yang berada di Jalan Jiwonolo Nomor 23, Kecamatan/Kabupaten Pati terdapat sebuah rumah yang terdapat spanduk di depannya bertuliskan ‘Gallery Marva Handycraft’. Di bagian samping rumah itu dijadikan galeri yang di dalamnya ada tas dan juga barang-barang kerajinan lainnya. Seorang wanita tampak sedang menata beberapa tas yang ada di galeri itu. Dia adalah Dian Noviana (42) Pemilik Marva Handycraft yang berdiri sejak tahun 2015.

Dian bercerita menekuni kerajinan tersebut bermula ketika suaminya yang bekerja di Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Pati sering membuat baju batik. Kemudian, melihat banyaknya kain perca yang terbuang, terpikir olehnya untuk menjadikan sesuatu yang lebih bermanfaat.

Dia adalah Dian Noviana, Pemilik Marva Handycraft sedang menyusun kerajinan di galerinya. Foto: Khalim Mahfur

Baca juga : Di Tangan Ranu, Bonggol Jagung Disulap jadi Kerajinan yang Unik dan Menarik

“Berhubung saya sudah punya mesin jahit dan juga mesin bordir, kain perca itu kemudian saya jahit dengan tambahan kain jeans dan diberi sentuhan bordir, sehingga terciptalah tas yang cantik,” ujarnya.

Meski begitu, awalnya sang suami kurang mendukung jika kerajinan tersebut diseriusi menjadi bisnis. Namun, berjalannya waktu banyak yang minat dengan produk yang dibuatnya itu, akhirnya suaminya memberikan izin.

“Dulunya nggak bolek sama bapak, karena kebetulan bapak kerja di Disperindag dan saya harus selalu menemani kemanapun beliau pergi. Seiring berjalannya waktu, makin banyak pesanan dan alhamdulillah beliau mengizinkan saya untuk bisnis ini dengan catatan anak harus nomor satu dan harus siap menemani suami,” terangnya.

Marva Handycraft, katanya mempunyai ciri khas, yakni menggunakan sentuhan batik khas Pati. Dengan memadukan bahan jeans dan diberi sentuhan bordir, produk ini menjadi salah satu unggulan di Pati.

“Karena memang produk saya unik, yaitu menggunakan aksen batik khas Pati, produk saya dipercaya untuk menjadi salah satu unggulan di Pati. Sejak awal didirikannya Plaza Pragola, saya sudah mulai menaruh badang di sana dan kebetulan saya dipercaya menjadi salah satu pengurus di sana,” ujarnya.

Ia katakan, selain produk tas Marva Handycraft juga membuat barang yang lainnya, di antaranya, dompet, masker dengan 4 lapis kain, pouch, bros, tuding mengaji, kipas, dan lainnya. Dian juga sering mendapatkan pesanan souvenir untuk pernikahan dan acara lainnya.

Harga produk di Marva handycraft, katanya cukup terjangkau. Untuk benda-benda kecil mulai dari Rp 3 ribuan, masker yang diecer Rp 10 ribuan, dompet mulai Rp 25 ribu sampai Rp 40 ribu, pouch Rp 30 ribu hingga Rp 45 ribu dan tas berkisar dari harga Rp 60 ribu hingga Rp 200 ribu.

Proses produksi dilakukan di kedimanan Dian. Namun untuk memenuhi pesanan konsumen yang membludak, ia mempercayakan kepada beberapa perjahit yang bekerja dengannya dan dilakukan di rumah mereka masing-masing.

“Saat ini karyawan yang membantu produksi saya ada lima orang dan proses pengerjaannya dilakukan di rumah mereka maaing-masing. Karena kalau dilakukan di sini saja tidak bisa, karena saya harus siap mendampingi kemanapun bapak pergi. Mungkin pas ada produk baru mereka latihannya di sini dan setelah itu dilakukan di rumah mereka,” ucapnya.

Baca juga : Produk Rajut Essa Colection Diminati Konsumen Hingga Mancanegara

Dalam memasarkan produknya, Dian memasarkannya lewat media sosial dan secara langsung ke temen-temennya. Sebagian juga ditaruh di Plaza Pragola Pati. Ia juga membuka sistem reseller untuk memasarkan produk-produk miliknya, sehingga lebih mudah ia memasarkannya.

Menjadi salah satu brand unggulan di Kabupaten Pati, Marva Handycraft sering mengikuti berbagai pameran. Namun, setelah masa pandemi tidak ada pameran lagi, sehingga ia hanya fokus di pesanan.

Editor : Kholistiono

Tinggalkan Balasan

27,870FansSuka
14,114PengikutMengikuti
4,311PengikutMengikuti
26,722PelangganBerlangganan

Berita Terpopuler