31 C
Kudus
Selasa, Januari 26, 2021
Beranda Kuliner Setiap Hari Ratusan...

Setiap Hari Ratusan Orang Menikmati Sedapnya Nasi Gandul Pak Harjo yang Legendaris

BETANEWS.ID, PATI – Di tepi Jalan Diponegoro, Desa Puri, Kecamatan Pati, Kabupaten Pati, terlihat sebuah warung makan yang ramai  pengunjung. Beberapa orang tampak sedang menikmati makanan, dan yang lainnya tengah menunggu pesanannya jadi. Di sisi lain, tiga orang begitu cekatan menyiapkan kuliner beralaskan daun pisang itu. Salah satunya adalah Mia (41) Pemilik Warung Nasi Gandul Pak Harjo.

Sembari melayani tamunya, Mia sudi menceritakan sejarah Nasi Gandul hingga menjadi kuliner khas Kabupaten Pati ini. Ia mengatakan, penamaan nasi gandul berasal pada zaman dahulu saat penjual nasi berjualan keliling dengan cara dipikul.

Nasi Gandul Pak Harjo yang punya cita rasa khas rempah-rempah yang lebih kuat. Foto: Khalim Mahfur.

“Nah, keranjang yang digunakan untuk membawa dagangannya itu kan gandul-gandul atau menggantung. Dari situlah kemudian dinamakan Nasi Gandul,” ungkapnya saat ditemui betanews.id, Jumat (13/11/2020).

Baca juga: Kuliner Unik Bubur Bakar Corona, Kuahnya Bikin Banyak Orang Minta Tambah

Nasi Gandul ini terus ada selama turun temurun hingga saat ini. Bahkan, warungnya itu sudah ada sejak 1982, dan dirinya merupakan generasi kedua.

“Dulu yang jualan bapak saya, kemudian saya yang melanjutkannya. Warung Makan Nasi Gandul Pak Harjo ini selalu konsisten mempertahankan cita rasa masakannya,” ujar Mia.

Menurut Mia, Nasi Gandul Pak Harjo sebenarnya sama saja dengan nasi gandul pada umumnya. Namun menurutnya, yang membedakan dengan tempat lain ialah rasa rempah-rempahnya lebih kuat. Ia juga mengatakan bahwa pada dasarnya masakan setiap orang memang berbeda-beda.

Proses memasak membutuhkan waktu yang cukup lama agar bumbu meresap dan daging menjadi empuk. Dengan tekstur daging yang empuk setra kaya akan rempah-rempah itu, tak ayal jika banyak pelanggan yang selalu datang ke sini.

Baca juga: Nikmatnya Iwak Kali yang Paling Diburu di Warung Sari Laut dan Sari Kali

“Adapun beberapa lauk yang ada di dalam nasi gandul di antaranya daging, kulit lemak, ati, dan juga babat. Sedangkan harganya mulai Rp 10 ribu, tergantung lauk yang dipilih,” tambahnya.

Nasi Gandul Pak Harjo buka dari pukul 16.30 WIB hingga 22.00 WIB. Menjadi salah satu rumah makan nasi gandul yang legendaris, Nasi Gandul Pak Harjo dalam sehari bisa menghabiskan hingga 200 porsi lebih.

“Masa pandemi ini sepi banget. Kira-kira penurunan jumlah pelanggan bisa hampir setengahnya. Tapi sekarang sudah mengalami sedikit kenaikan. Harapannya sih agar pandemi Covid-19 cepat berlalu dan warung makan bisa ramai lagi,” pungkasnya.

Editor: Ahmad Muhlisin

Tinggalkan Balasan

27,870FansSuka
14,114PengikutMengikuti
4,311PengikutMengikuti
27,373PelangganBerlangganan

Berita Terpopuler