31 C
Kudus
Sabtu, Oktober 24, 2020
Beranda Kudus Banyak yang Usaha...

Banyak yang Usaha Makanan Sejak Pandemi, Permohonan Izin PIRT Meroket

BETANEWS.ID, KUDUS – Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Kudus memberikan pembekalan kepada pelaku usaha bidang pangan yang akan mengurus Produk Industri Rumah Tangga (PIRT). Pembekalan tersebut yakni bimbingan teknis keamanan Pangan Industri Rumah Tangga Pangan (Bimtek IRTP) di Aula Dinas Kesehatan Kabupaten Kudus, Senin (28/9/2020). Kegiatan tersebut diikuti oleh 30 orang peserta.

Kepala Seksi (Kasi) Sumber Daya Kesehatan (SDK), Perizinan, Sertifikasi, dan Manajemen Informasi DKK Kudus Rusiyati menuturkan, tujuan dari kegiatan tersebut untuk menambah pengetahuan masyarakat yang sedang mengurus izin PIRT. Menurutnya, saat ini perizinan sudah memakai sistem Online Single Submition (OSS). Artinya, proses perizinan satu pintu berada di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Kudus.

Pembekalan kepada pelaku usaha bidang pangan yang akan mengurus Produk Industri Rumah Tangga (PIRT) di DKK Kudus. Foto: Imam Arwindra.

“DKK hanya memberikan rekomendasi terkait sarana prasarana yang digunakan untuk salah satu syarat mengajukan PIRT,” tuturnya.

Baca juga: Dijamin Berhasil, Ini Tips Lolos Uji PIRT dari Dinas Kesehatan

Rustiyati melanjutkan, rekomendasi yang diberikan satu di antaranya yakni berupa memberikan sertifikat penyuluhan keamanan pangan (PKP). Nantinya setelah sertifikat keluar, pelaku industri bisa mengurus izin di DPMPTSP Kabupaten Kudus.

“Nanti kami juga harus tahu kondisi tempat usahanya. Alat yang digunakan bagaimana, sanitasinya bagaimana. Namun karena kondisi seperti ini (pandemi) nanti bisa menggunakan video bagaimana cara mengolah makanannya,” jelasnya.

Menurut Rustiyati, rekomendasi tidak akan diberikan misalkan ditemukan alat pengolah makanan berkarat. Selain itu, mengenai sanitasi, tidak boleh toilet satu ruangan dapur. Namun pengusaha bisa mengakali dengan cara menyekatnya.

“Sanitasi termasuk kritis, toilet yang masuk ke dapur, bisa diakali dengan skat atau lemari. Karena biasanya sumur, toilet, dan dapur satu ruangan,” tuturnya.

Baca juga: Biayanya Murah, Begini Cara Dapat Sertifikat Layak Sehat dari Dinas Kesehatan

Diberitahukan, ada empat penilaian yang diberikan sebagai syarat untuk lolos verifikasi, yaitu minor, mayor, serius dan kritis.

“Ada satu saja penilaian dengan nilai serius dan kritis maka tidak lulus,” terangnya.

Rustiyati menjelaskan, pada masa pandemi ini permohonan PIRT diketahui meningkat. Pada bulan Agustus 2020 saja, terdapat 155 orang yang memohon. Sementara sebelum pandemi, hanya sekitar 50 orang hingga 60 orang pelaku usaha saja.

“Pengajuan PIRT biasanya makanan  yang ketahanan produknya lebih dari tujuh hari. Itu wajib mengajukan. Selain itu, kalau ada PIRT bisa menambah daya jual,” tutupnya.

Editor: Ahmad Muhlisin

Imam Arwindra
Imam Arwindrahttps://betanews.id
Jurnalis Beta Media yang sejak awal ikut terlibat dalam pembentukan Seputarkudus.com, cikal bakal Betanews.id.

Tinggalkan Balasan

26,317FansSuka
13,322PengikutMengikuti
4,295PengikutMengikuti
21,002PelangganBerlangganan

Berita Terpopuler

Nekat Jual Motor untuk Modal, Lastri Kini Sukses Jual Semangka yang Laku 3,5 Ton Sehari

BETANEWS.ID, KUDUS - Di tepi Jalan Babalan-Prawoto, tepatnya di Desa Kalirejo, Kecamatan Undaan, Kabupaten Kudus, tampak dua orang sedang menaikkan semangka ke...

Penampilan Makin Cantik dengan Busana yang Selalu Ikut Tren di Klamby.clo

BETANEWS.ID, KUDUS – Beberapa pengunjung terlihat sedang memilih-milih pakaian di sebuah toko, Kamis (15/10/2020). Dengan dibantu seorang wanita muda berhijab hijau, mereka...

Beli Produk 104 Toko Online di UKM Virtual Expo Semuanya Gratis Ongkir

BETANEWS.ID, SEMARANG – Sebanyak 104 toko online di Jawa Tengah mengikuti pameran produk UMKM secara virtual bertajuk UKM Virtual Expo. Acara yang...

Banyak Pesanan Pelat Motor LED, Omzet Omah Letter Bisa Rp 4 Juta Sehari

BETANEWS.ID, DEMAK - Puluhan pelat nomor terpasang di sebuah papan yang berada di tepi Jalan Raya Demak-Kudus, Desa Karanganyar, Kecamatan Karanganyar, Demak....

Ini Tips Memilih Semangka yang Matang Agar Tak Menyesal Saat Sampai Rumah

BETANEWS.ID, KUDUS - Beberapa orang pembeli terlihat sedang memilih semangka di sebuah lapak yang berada di tepi jalan Babalan-Prawoto masuk Desa Kalirejo,...

Gapoktan Desa Gondoharum Minta Tambahan Jalan yang Belum Terealisasi Saat TMMD

BETANEWS.ID, KUDUS – Dandim 0722 Kudus, Letkol Kav Indarto terlihat sedang menandatangi sebuah naskah di Pendapa Kabupaten Kudus. Dengan didampingi Plt Bupati...

Peringatan Hari Santri di Jateng Digelar Virtual, Ini Lomba yang Bisa Diikuti Santri

BETANEWS.ID, SEMARANG - Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo memastikan puncak peringatan Hari Santri Nasional (HSN) 2020 di Jawa Tengah akan diselenggarakan secara...