31 C
Kudus
Kamis, Januari 21, 2021
Beranda UMKM Tak Hanya Usaha...

Tak Hanya Usaha Mikro, Ojol dan PKL Juga Bisa Dapat Bantuan Rp 2,4 Juta, Ini Syaratnya

BETANEWS.ID, KUDUS – Seorang pria di ruangan Kepala Bidang Koperasi dan UKM Dinas Tenaga Kerja, Perindustrian, Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Disnakerperinkopukm) Kabupaten Kudus, tampak sedang melihat sejumlah berkas yang ada di mejanya. Dia yakni Rofiq Fachri (53), Kabid Koperasi dan UMK di dinas tersebut. Dirinya berbagi penjelasan kepada betanews.id tentang Program Bantuan Bagi Pelaku Usaha Mikro dari Kementerian Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah.

Saat ini, dari Disnakerperinkopukm Kudus sudah mengirim 2.077 calon penerima bantuan tersebut. Menurutnya, data itu merupakan keseluruhan dari usulan dinas-dinas terkait. Sesuai intruksi BPKP Provinsi Jawa Tengah yang mengizinkan pedagang gorengan, bakso, PKL maupun ojek online untuk diajukan.

Baca juga : 5 Ribu UMKM di Kudus Bakal Dapat Bantuan, Ini Besarannya

“Jadi 2.077 itu ada usulan dari dinas terkait yang membina para pelaku usaha. Dinas Perhubungan, Perdagangan, dan Pariwisata, kemudian kita kirim ke kementerian. Sementara yang dikirim 2.077 dan proses seleksi dari pusat, kita hanya mengirim data saja,” jelasnya, Rabu (26/8/2020).

Dia juga mengatakan, bantuan dari presiden melalui anggaran APBN itu rencananya untuk 12 juta pelaku usaha mikro. Syarat untuk menerima bantuan tersebut di antaranya, memiliki rekening, dengan tabungan maksimal Rp 2 juta.

“Yang pertama mengisi formulir, nama, NIK, KKK, alamat domisili, alamat usaha, nomor telephone dan nomor rekening. Memiliki usaha kategori UMKM atau ojek terdampak Covid-19. Tidak masuk dalam data terpadu kesejahteraan sosial (DTKS),” katanya.

Baca juga : Ganjar Gelontorkan Rp 38 M Demi UMKM Tetap Eksis di Tengah Pandemi

Selain itu, juga tidak menerima bantuan jaringan pengaman ekonomi (JPE), dan bantuan lainnya. Memiliki legalitas usaha atau izin usaha. Jika belum punya, bisa meminta surat keterangan domisili usaha (SKDU) dari lurah atau kepala desa setempat.

“Selanjutnya, memiliki tabungan di bawah Rp 2 juta. Tidak mendapat fasilitas kredit di perbankan dan lainnya. Jika PKL dan Ojol kami hanya menerima data dari dinas terkait,” ungkapnya sambil menunjukan formulir.

Editor : Kholistiono

10 KOMENTAR

  1. Bagaimana kah dengan usaha kami yang baru kami,printis selama 3tahun ini mengalamai kemacetan kendala modal,sudi bpk kiranya,memberi solusi buat kami selaku usaha bubut ayam dan pemotongan ayam nmr hp(085236175758) trima kasih

  2. kami punya usaha ternak ayam joper juga ayam pejantan….
    ayam kampung

    bagaimana supaya dapat bantuanya pak??? Agar usaha kami bisa berkembang dan bisa memberikan inspirasi buat usaha rumahan//keluarga…

    hormat kami
    Ade Sulyanto
    ds kaliaman rt 02 rw 01
    kec kembang
    kab.Jepara

  3. ini harga pakan ayam /lipur…
    obat obatnya jg tdk pernah turun….

    justru pas panenya hrganya yg turun….
    bingung….
    wa 081326553919

  4. Kalau untuk usaha kecil d rumah gimana apa boleh minta bantuan, karna d saat seperti ini hasilnya hanya untuk kperluan sehari” yg mkin lama modalnya ga ada. Mohon bantuanya. Saya tinggal d blado-batang

  5. Baru satutahun buka usaha kantin sekolahan malah tutup sampai sekarang, mana baru bayar kontrak selama satu tahun tapi tida bisa kami jualan karna pandemi ini belum berakhir..
    Bismillah kiranya ada yg mau ngasih solusi hub kami 085226474042 terimakasih bnyak

  6. Bagaimana dengan kita yg tanpa bpjs tenaga kerja yang bekerja di perusahaan yg gaji di bawah 5jt dan bahkan di bawahnya umr dengan penghasilan 2bln 1,5jt itupun tidak menentu bila ada kerjaan kerja dan bila tidak ada ya libur bagaimana??? Istri sedang hamil tua dan pekerjaan berkali2 libur tolong perhatikan kami juga yg lebih butuh bukan hanya yg punya bpjs tenaga kerja

Tinggalkan Balasan

27,870FansSuka
14,114PengikutMengikuti
4,311PengikutMengikuti
27,373PelangganBerlangganan

Berita Terpopuler