31 C
Kudus
Rabu, Januari 27, 2021
Beranda Teknologi Aplikasi Simponi, Cara...

Aplikasi Simponi, Cara Mudah Adukan Pelayanan Publik di Kudus

BETANEWS.ID, KUDUS – Warga Kudus sekarang bisa lebih mudah menyampaikan keluhan dan pengaduan terkait pelayanan publik lewat layanan Simponi (Sistem Manajemen Pengaduan Online Interaktif). Layanan yang diluncurkan di Command Center, Kamis (27/8/2020) itu, bisa digunakan melalui aplikasi Kudus Mobile City yang bisa diunduh di Play Store. Nantinya, keluhan masyarakat akan langsung ditanggapi oleh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait dan lintas sektoral lainnya.

Plt Bupati Kudus HM Hartopo menuturkan, layanan pengaduan Simponi harus benar-benar mudah dan interaktif. Menurutnya, masyarakat harus memperoleh respon yang cepat. Maka dari itu, dirinya meminta agar operator sentral dan admin pada instansi terkait agar cekatan dan selalu sigap.

“Harus mudah diakses masyarakat. Responnya juga cepat,” tuturnya selepas melaunching Simponi.

Baca juga: Dengan GO-Darja, Kini Pendaftaran Pasien di RSUD Loekmono Hadi Tak Perlu Antre

Hartopo menjelaskan, Simponi merupakan wadah bagi masyarakat yang ingin menyampaikan keluhan permasalahan maupun apresiasi kepada Pemerintah Kabupaten Kudus. Selain itu, jika masyarakat mempunyai keluhan terkait pelayanan di lintas sektoral seperti di Polres, Kodim, PDAM, RSUD dr Loekmono Hadi juga bisa melalui aplikasi ini.

“Harapan kami, OPD dan lintas sektoral terkait pelayanan harus cepat. Harus konsekuen. Yang paling penting lagi laporan masyarakat segera ditindaklanjuti dan diselesaikan secara tuntas,” terangnya.

Namun, kata Hartopo, aplikasi ini masih membutuhkan penyempurnaan. Menurutnya, dalam Simponi tidak terdapat layanan di perbankan dan PLN.

“Yang biasanya banyak ada keluhan kan perbankan dan PLN. Saya sudah suruh agar ada penyempurnaan lagi,” tuturnya.

Baca juga: Mengenal Anjas, Difabel Asal Kudus yang Ciptakan Aplikasi Penerjemah Bahasa Isyarat

Sementata itu, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Kudus, Kholid Seif menuturkan, Simponi dapat menjawab kebutuhan masyarakat dalam pengaduan dan kebutuhan informasi. Selain itu, Simponi juga mampu dimanfaatkan sebagai alat pantau pelaksanaan pelayanan publik di Kudus.

Kholid menjelaskan, cara menggunakan layanan ini cukup mudah. Masyarakat tinggal masuk aplikasi Kudus Mobile City, kemudian cari tema layanan publik dan klik pengaduan.

“Disitu banyak topik. Ada tentang bansos, bencana alam, jalan dan jembatan, kesehatan dan lain-lain. Tulis saja aduannya tentang apa. Cukup isi nama, alamat, nomor telepon, dan isi aduan,” jelasnya.

Baca juga: Pemuda Bandungan Bikin Aplikasi PSBB untuk Bantu Pedagang di Tengah Pandemi

Menurut Kholid, aplikasi Simponi mempunyai kelebihan tersendiri. Yakni dilengkapi fasilitas Geotagging. Menurutnya, titik lokasi masyarakat dapat langsung diketahui oleh sistem.

Dikatakan Kholid, saat ini instansi yang membuka akses pengaduan lewat Simponi, yakni Pemerintah Kabupaten Kudus, Polres Kudus, Kodim 0722 Kudus, Kejaksaan Negeri Kudus, Pengadilan Negeri Kudus, Pengadilan Agama Kudus, Kantor BPN Kudus, Kantor Pajak KPP Pratama, dan Samsat Kudus.

“Tadi ada usulan PLN dan Perbangkan. Nanti akan kami kerjakan,” tutupnya.

Editor: Ahmad Muhlisin

Imam Arwindra
Imam Arwindrahttps://betanews.id
Jurnalis Beta Media yang sejak awal ikut terlibat dalam pembentukan Seputarkudus.com, cikal bakal Betanews.id.

Tinggalkan Balasan

27,870FansSuka
14,114PengikutMengikuti
4,311PengikutMengikuti
27,373PelangganBerlangganan

Berita Terpopuler