31 C
Kudus
Senin, Agustus 10, 2020
Beranda Komunitas Selama Pandemi, Komunitas...

Selama Pandemi, Komunitas Seliku Kebanjiran Anggota Baru

BETANEWS.ID, KUDUS – Taman Bendung Klambu terlihat cukup ramai, pagi itu. Seperti layaknya aktivitas di minggu pagi, taman yang bersebelahan dengan Bendungan Klambu, Desa Klambu, Kecamatan Purwodadi, Kabupaten Grobogan itu juga dipenuhi aktivitas masyarakat yang sedang berolahraga. Tak terkecuali sekumpulan pesepeda yang sedang berkumpul di dekat tulisan “Taman Bendung Klambu”. Kumpulan pesepeda itu merupakan anggota Komunitas Sepeda Lipat Kudus (Seliku).

Ketua Komunitas Seliku Agus Heryanto (50) mengatakan, kedatangan rombongannya ke taman tersebut merupakan agenda rutin komunitasnya. Kebetulan hari itu mereka bertemu dengan Komunitas Demak Sepeda Lipat (Dek Seli).

Komunitas Seliku saat mengadakan kegiatan gowes ke Taman Bendung Klambu, Desa Klambu, Purwodadi, Grobogan, Minggu (21/6/2020). Foto: Titis Widjayanti.

“Ini kebetulan memang salah satu agenda rutin yang kita lakukan di Seliku, ya. Istilahnya kopdar. Biasanya kumpul awal di Alun-Alun Simpang 7 (Kudus). Tapi ini sebenarnya baru dimulai lagi, semenjak pandemi. Karena kemarin sempat vakum kegiatan sampai kondisi mulai kondusif kembali. Ini pun kami gowes bareng dengan memperhatikan protokol kesehatan,” katanya saat ditemui, Minggu (21/6/2020).

Sejak pandemi itu juga, lanjut pria yang akrab disapa Aher itu, jumlah anggoto Komunitas Seliku terus bertambah. Mengingat, gowes sedang jadi tren kembali di tengah masyarakat. Bahkan, setiap hari dia menerima anggota baru.

Baca juga: Penjualan Sepeda di Toko Suka Jaya Meroket, Sepeda Gunung dan Lipat Terlaris

“Bahkan semenjak pandemi, hampir tiap hari kami memasukkan anggota baru di grup WhatsApp,” papar Lelaki yang sehari-hari berprofesi sebagai tenaga marketing di perusahaan farmasi di Kudus itu.

Dikatakannya, Komunitas Seliku yang diresmikan 2019 silam kini sudah memiliki anggota sebanyak 120 orang. Jumlahnya dipastikan akan terus bertambah, mengingat antusiasme masyarakat dalam bersepeda sedang tinggi.

“Kalau anggota saat ini mencapai 120an orang. Biasanya kalau kopdar hampir semua anggota datang, tapi nanti rute gowes itu yang menentukan masing-masing orang. Seperti hari ini, rute dipecah menjadi dua. Yang suka dan kuat tanjakan, mereka naik. Kalau yang ingin landai, ikut kami rute ke arah Purwodadi ini. Anggota sekitar 120 an orang sekarang.

Menurutnya, anggota dari Seliku datang dari berbagai macam latar belakang. Mulai dari pedagang, wiraswasta, karyawan, hingga dokter. Dalam setiap acara kumpul, mereka kemudian menentukan rute dan gowes sampai balik ke rumah masing-masing.

Baca juga: Gudang Sepeda Milik Fais, Surganya Spare Part Baru dan Bekas di Kudus

“Biasanya kalau kopdar hampir semua anggota datang, tapi nanti rute gowes itu yang menentukan masing-masing orang. Seperti hari ini, rute dipecah menjadi dua. Yang suka dan kuat tanjakan, mereka naik. Kalau yang ingin landai, ikut kami rute ke arah Purwodadi ini,” kata Aher.

Selain gowes, komunitas yang sudah ada sejak 2010 juga menyelenggarakan berbagai kegiatan lain. Di antaranya adalah baksos dan pembagian sembako saat pandemi.

“Seperti saat pendemi kemarin, sambil gowes kami baksos. Memberikan sembako bagi yang berhak mendapatkan,” tututp Aher.

Editor: Ahmad Muhlisin

Karir Beta Media

Kami menantang kalian untuk bergabung di Tim Beta Media. Sebagai Media baru kami butuh talenta muda yang suka tantangan.

Tinggalkan Balasan

25,139FansSuka
13,322PengikutMengikuti
4,304PengikutMengikuti
15,292PelangganBerlangganan

Berita Terpopuler

Lestarikan Peninggalan Sunan Muria dengan Bertani Parijoto, Suwono Bisa Panen 50 Kg Sehari

BETANEWS.ID, KUDUS - Pagi itu dengan mengendarai motor matik, melalui jalur ekstrem yang berliku berupa tanah liat, serta udara yang sejuk mengiringi...

Menengok Peternakan Sapi Brangus Kudus yang jadi Langganan Artis Ibu Kota

BETANEWS.ID, KUDUS – Seorang perempuan tampak sedang menyemprot beberapa sapi berukuran besar di sebuah kandang yang berada di pinggir sawah yang ada...

Yan Laksmana Terpilih Jadi Direktur Teknik PDAM Kudus

BETANEWS.ID, KUDUS – Yan Laksmana terpilih menjadi Direktur Teknik (Dirtek) Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kudus. Dia menyisihkan dua peserta yang mengikuti...

Ingin Cepat Selesaikan Skripsi, Isna Senang Perpusda Kudus Kembali Dibuka

BETANEWS.ID, KUDUS - Seorang perempuan tampak sedang memilih buku di perpustakaan yang berada di Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Kudus. Sambil memegang...

Punya Usaha Makanan? Ini Cara Mengurus Izin PIRT di Kudus

BETANEWS.ID, KUDUS - Sejumlah orang mengenakan baju putih terlihat di ruang Klinik Pelayanan Perizinan di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu...

Mana yang Lebih Sehat, Minum Jus atau Makan Buah dan Sayur Langsung?

Inneke Hantoro Dosen Teknologi Pangan, Unika Soegijapranata Di...

Soal Pasien Covid Memaksa Pulang, Hartopo: ‘Ini Kejahatan yang Luar Biasa’

BETANEWS.ID, KUDUS - Sebanyak 13 pasien terkonfirmasi positif Covid-19, Rabu (29/7/2020) malam memaksa pulang ke rumah. Mereka yang seharusnya masih harus menjalani...