31 C
Kudus
Senin, Agustus 10, 2020
Beranda Kuliner Kopi Cinta Bunda...

Kopi Cinta Bunda Vina, Kopi Khas dari Warung Pertama di Wisata Ternadi

BETANEWS.ID, KUDUS – Vina (38) terlihat begitu telaten menakar bubuk kopi dan gula untuk dijadikan minuman yang dipesan banyak pembeli di warungnya. Meski terik matahari kiat menyengat, kopi tetap jadi menu andalan yang diminati pengunjung ketimbang es atau minuman lain.

Warung berdinding batu bata putih itu memang sudah jadi primadona di Wanawisata Gardu Pandang Ternadi, Kecamatan Dawe, Kabupaten Kudus. Mengingat, warung tersebut jadi saksi bisu perjalanan destinasi wisata hits yang dirintis 2017 lalu.

Warung Bunda Vina, saksi bisu perjalanan Wisata Ternadi hingga jadi primadona. Foto: Titis Widjayanti.

Vina mengatakan, sajian kopi yang diolah sendiri itu memang banyak digandrungi pengunjung. Apalagi, bahan utama kopinya diambil dari perkebunan di Lereng Gunung Muria, tepatnya di sekitar Desa Ternadi. Sehingga, sajian kopinya sangat khas dan spesial.

“Ini secara pengolahan manual. Saya olah sendiri. Tidak memakai alat modern. Terus mengolahnya penuh dengan cinta dan kasih sayang. Makanya namanya Kopi Cinta Bunda Vina,” ungkap istri salah satu perintis Wisata Ternadi, Keju (40) itu, Sabtu (27/6/2020).

Baca juga: Dibuka Kembali, Wisata Ternadi yang Suguhkan Indahnya Alam Muria Ramai Pengunjung

Wanita berjilbab itu melanjutkan, yang menjadikan kopi ini patut dicicip adalah rasanya yang khas dibanding kopi lain. Cara mengaduknya pun berbeda. Vina lantas memberikan contoh cara mengaduk kopi di warungnya. Yaitu dengan cara perlahan dan penuh perasaan.

“Harganya pun terjangkau. Hanya Rp 3 ribu untuk satu gelas,” beber dia.

Vina kemudian menceritakan awal mula pendirian warung. Warung yang awalnya berdinding anyaman bambu dan beratap terpal itu didirkan berbarengan dengan pembangunan gardu pandang pertama di kawasan tersebut. Saat wisata mulai rame, warung-warung kemudian banyak didirikan di Wisata Ternadi.

“Jadi warung ini berdiri bareng sama awal mula wisata ini mulai digagas. Karena kebetulan penggagasnya adalah suami saya, jadi ya saya juga menemani prosesnya. Kebetulan kami adalah petani, menggarap lahan milik Perhutani di sini. Terus ada gagasan itu dan mulai ramai. Akhirnya memutuskan membuka warung sampai sekarang,” kata Vina.

Baca juga: Pelanggan Sampai Antre Demi Mencicipi Rujak Es Krim Pak Yitno

Warung Bunda Vina selalu buka setiap hari saat Wanawisata Gardu Pandang juga buka. Yakni mulai pukul 06.00 sampai 17.00 WIB. Kecuali jika ada pengunjung yang berkemah. Maka dia akan buka malam hari untuk menemani para pengunjung yang naik dan membuka tenda di sekitar area wisata.

“Selain menjual menu andalan Kopi Cinta, kalau makanan saya menyediakan ayam geprek sama pecel pakis. Tapi untuk pecel pakisnya cuma ada di hari Sabtu-Minggu. Karena ambil pakisnya yang susah. Di hutan sana,” pungkas Vina.

Editor: Ahmad Muhlisin

Karir Beta Media

Kami menantang kalian untuk bergabung di Tim Beta Media. Sebagai Media baru kami butuh talenta muda yang suka tantangan.

Tinggalkan Balasan

25,139FansSuka
13,322PengikutMengikuti
4,304PengikutMengikuti
15,292PelangganBerlangganan

Berita Terpopuler

Lestarikan Peninggalan Sunan Muria dengan Bertani Parijoto, Suwono Bisa Panen 50 Kg Sehari

BETANEWS.ID, KUDUS - Pagi itu dengan mengendarai motor matik, melalui jalur ekstrem yang berliku berupa tanah liat, serta udara yang sejuk mengiringi...

Menengok Peternakan Sapi Brangus Kudus yang jadi Langganan Artis Ibu Kota

BETANEWS.ID, KUDUS – Seorang perempuan tampak sedang menyemprot beberapa sapi berukuran besar di sebuah kandang yang berada di pinggir sawah yang ada...

Yan Laksmana Terpilih Jadi Direktur Teknik PDAM Kudus

BETANEWS.ID, KUDUS – Yan Laksmana terpilih menjadi Direktur Teknik (Dirtek) Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kudus. Dia menyisihkan dua peserta yang mengikuti...

Ingin Cepat Selesaikan Skripsi, Isna Senang Perpusda Kudus Kembali Dibuka

BETANEWS.ID, KUDUS - Seorang perempuan tampak sedang memilih buku di perpustakaan yang berada di Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Kudus. Sambil memegang...

Punya Usaha Makanan? Ini Cara Mengurus Izin PIRT di Kudus

BETANEWS.ID, KUDUS - Sejumlah orang mengenakan baju putih terlihat di ruang Klinik Pelayanan Perizinan di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu...

Mana yang Lebih Sehat, Minum Jus atau Makan Buah dan Sayur Langsung?

Inneke Hantoro Dosen Teknologi Pangan, Unika Soegijapranata Di...

Soal Pasien Covid Memaksa Pulang, Hartopo: ‘Ini Kejahatan yang Luar Biasa’

BETANEWS.ID, KUDUS - Sebanyak 13 pasien terkonfirmasi positif Covid-19, Rabu (29/7/2020) malam memaksa pulang ke rumah. Mereka yang seharusnya masih harus menjalani...