31 C
Kudus
Senin, Agustus 10, 2020
Beranda Kudus Dibuka Kembali, Wisata...

Dibuka Kembali, Wisata Ternadi yang Suguhkan Indahnya Alam Muria Ramai Pengunjung

BETANEWS.ID, KUDUS – Keindahan lereng Penggunungan Muria langsung menyergap indra penglihatan saat tiba di Destinasi Wisata Ternadi, Sabtu (27/6/2020). Cuaca yang cerah siang itu semakin membuat mudi-mudi betah berlama-lama di tempat yang baru buka kembali sejak ada pandemi Covid-19. Dengan menggenggam telepon seluler (ponsel) masing-masing, mereka tampak asyik mengabadikan diri di spot-spot foto favorit, seperti gardu pandang.

Keindahan alam memang jadi daya tarik utama destinasi wisata yang berada di Desa Ternadi, Kecamatan Dawe, Kabupaten Kudus itu. Sejak tiba di gerbang masuk, wisatawan sudah dimanjakan panorama alam yang masih asri. Pemandangan pertama yang terlihat adalah Bumi Perkemahan dan taman Wanawisata Ternadi.

Pengunjung sedang melewati spot foto favorit di Wanawisata Ternadi, Sabtu (27/6/2020). Foto: Titis Widjayanti.

Dari sana, para wisatawan kemudian menempuh jalan tanjakan sekitar tiga kilometer menuju objek wisata utama, tempat berbagai gardu pandang yang jadi spot favorit pengunjung. Makanya, wanawisata yang sedang naik daun di kalangan warga itu tidak pernah membosankan untuk dikunjungi.

Pengelola Wisata Ternadi, Sholeh (43) mengatakan, wisata yang tutup sejak ada pendemi itu, kini sudah bisa dikunjungi. Kepastian pembukaan kembali didapatkan setelah Plt Bupati Kudus HM Hartopo mengecek persiapan kenormalan baru di destinasi wisata tersebut, Minggu (21/6/2020).

Baca juga: Tugu Pete, Ikon Baru Penambah Keelokan Taman Sardi

“Kemarin juga ada Bapak Bupati ke sini. Untuk ngontrol, melihat-lihat (persiapan kenormalan baru), apakah sudah bisa dibuka apa belum. Nah, (kemudian) dinyatakan diperbolehkan untuk buka kembali,” ungkapnya.

Meski sudah buka kembali, pihaknya belum bisa menarik tiket masuk sebesar Rp 10 ribu, lantaran itu kewenangan Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Pati. Saat ini, pengelola hanya membebankan biaya parkir yang ditarik Rp 5 ribu per sepeda motor.

“Kami sudah tutup sekitar satu bulan. Untuk (pemberlakukan) tiket itu kewenangan Perhutani KPH Pati. Sementara ini kita tarik Rp 5 ribu untuk sepeda motor. Itu jasa parkir,” beber Sholeh.

Menurut Sholeh, gardu pandang memang jadi daya tarik utama di Wisata Ternadi. Pertimbangannya, dari gardu tersebut, pengunjung bisa menikmati lereng pegunungan muria dengan lebih jelas. Selain itu juga bisa jadi spot foto yang menarik.

“Kenapa gardu, ya karena posisi sini kan dikelilingi perbukitan Gunung Muria. Jadi dengan gardu itu, bisa melihat pemandangan seluruh lereng Gunung Muria. Makanya namanya gardu pandang,” papar Sholeh.

Baca juga: Wisatawan dari Luar Kudus Wajib Booking Online

Dia lantas menceritakan awal mula pembukaan wisata tersebut. Sekitar 2017, dirinya bersama Keju (40) iseng membuat angkruk, gardu dari bambu. Setelah itu, difoto dan diunggah ke media sosial. Ternyata, unggahan itu ramai dan kemudain banyak warga yang penasaran dan mendatangi tempat tersebut.

“Sejak ramai itu, sekitar 2017 hingga 2018 awal, Wisata Ternadi mulai populer dan dibuka resmi sebagai salah satu wisata di Kudus. Selanjutnya, gardu pun diperbaiki dan ditambah secara bertahap. Bahkan desain dan bentuknya pun beraneka macam. Hingga pengunjung bisa puas mengambil foto sambil duduk-duduk melihat pemandangan,” tukas Sholeh.

Editor: Ahmad Muhlisin

Karir Beta Media

Kami menantang kalian untuk bergabung di Tim Beta Media. Sebagai Media baru kami butuh talenta muda yang suka tantangan.

Tinggalkan Balasan

25,139FansSuka
13,322PengikutMengikuti
4,304PengikutMengikuti
15,292PelangganBerlangganan

Berita Terpopuler

Lestarikan Peninggalan Sunan Muria dengan Bertani Parijoto, Suwono Bisa Panen 50 Kg Sehari

BETANEWS.ID, KUDUS - Pagi itu dengan mengendarai motor matik, melalui jalur ekstrem yang berliku berupa tanah liat, serta udara yang sejuk mengiringi...

Menengok Peternakan Sapi Brangus Kudus yang jadi Langganan Artis Ibu Kota

BETANEWS.ID, KUDUS – Seorang perempuan tampak sedang menyemprot beberapa sapi berukuran besar di sebuah kandang yang berada di pinggir sawah yang ada...

Yan Laksmana Terpilih Jadi Direktur Teknik PDAM Kudus

BETANEWS.ID, KUDUS – Yan Laksmana terpilih menjadi Direktur Teknik (Dirtek) Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kudus. Dia menyisihkan dua peserta yang mengikuti...

Ingin Cepat Selesaikan Skripsi, Isna Senang Perpusda Kudus Kembali Dibuka

BETANEWS.ID, KUDUS - Seorang perempuan tampak sedang memilih buku di perpustakaan yang berada di Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Kudus. Sambil memegang...

Punya Usaha Makanan? Ini Cara Mengurus Izin PIRT di Kudus

BETANEWS.ID, KUDUS - Sejumlah orang mengenakan baju putih terlihat di ruang Klinik Pelayanan Perizinan di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu...

Mana yang Lebih Sehat, Minum Jus atau Makan Buah dan Sayur Langsung?

Inneke Hantoro Dosen Teknologi Pangan, Unika Soegijapranata Di...

Soal Pasien Covid Memaksa Pulang, Hartopo: ‘Ini Kejahatan yang Luar Biasa’

BETANEWS.ID, KUDUS - Sebanyak 13 pasien terkonfirmasi positif Covid-19, Rabu (29/7/2020) malam memaksa pulang ke rumah. Mereka yang seharusnya masih harus menjalani...