31 C
Kudus
Minggu, November 27, 2022
BerandaUMKMIngin Hidup Layak...

Ingin Hidup Layak Usai Menikah, Riyanto Rintis Usaha Loster dan Ornamen Masjid

BETANEWS.ID, KUDUS – Beberapa pria terlihat sibuk di samping rumah yang berada di tepi Jalan Madya Utama RT 7 RW 2 Dukuh Krajan, Desa Prambatan Lor, Kecamatan Kaliwungu, Kudus. Mereka terlihat memasukkan pasir yang dicampur semen dan air ke dalam cetakan. Satu di antara pria tersebut yakni Riyanto (35) pemilik usaha pembuatan loster dan ornamen dinding masjid.

Di sela aktivitasnya tersebut, Riyanto sudi berbagi kisah tentang usahanya. Dia mengatakan, mulai merintis usaha pembuatan loster sejak tahun 2005. Merintis usaha itu dilakukannya, agar setelah menikah pada tahun 2004 ia sudah mandiri dan punya usaha sendiri.

Proses pembuatan loster di tempat usaha milik Riyanto. Foto: Rabu Sipan

“Sebelumnya saya kerja ikut orang selama lima tahun. Karena ingin mandiri dan punya penghasilan lebih setelah menikah, saya pun memberanikan diri untuk merintis usaha pembuatan loster sendiri,” ujar Riyanto kepada betanews.id, Jumat (3/7/2020).

- Ads Banner -

Baca juga : Tak Patah Arang Kalah Bersaing, Parman Banting Setir dari Usaha Gypsun ke Ornamen Rumah

Awal merintis usaha, lanjutnya, pembuatan loster itu ia kerjakan sendiri. Setelah loster yang dibikin jadi, kemudian ia pun menawarkannya ke beberapa toko material. Riyanto mengaku bersyukur, beberapa toko bangunan yang didatanginya berniat membelinya.

“Setelah loster buatanku dicek dan diteliti, para pemilik toko bangunan tertarik untuk membelinya. Menurut mereka, loster buatanku lebih rapi dan bagus,” ujarnya sambil merapikan loster yang dibuatnya.

Mereka tambahnya, membeli loster secara cash. Sehingga uangnya bisa diputar untuk beli bahan bakunya. Berjalannya waktu dengan mempertahankan kualitas kerapian, kehalusan dan kekuatan loster, kini ia sudah punya 20 pelanggan tetap toko material yang siap menampung losternya.

Untuk memenuhi permintaan pelanggan itu, ia harus mempekerjakan sekitar tujuh orang. Dalam sepekan, kata dia, mereka mampu produksi sekitar seribu loster yang langsung jadi rebutan para pelanggan.

“Jumlah tersebut pun biasanya saya bagi rata ke semua toko langgananku,” ungkap Riyanto yang kini juga memproduksi ornamen dinding masjid.

Baca juga : Pengusaha Dekor di Kudus Sulap Gentong jadi Taman Indah Bernilai Jual Tinggi

Pria yang sudah dikaruniai dua orang anak itu menuturkan, menjual losternya mulai harga Rp 6 ribu per biji hingga Rp 8.500 per biji. Sedangkan ornamen dinding masjid dibanderol antara Rp 13 ribu hingga Rp 100 ribu per biji.

Dia mengatakan, saat ini pelanggan loster dan ornamennya tidak hanya toko bangunan di Kudus saja, tapi juga ada yang di Semarang, Demak, Jepara, Pati dan daerah lainnya. Selain toko bangunan dia juga kerja sama dengan para pemborong proyek. “Semoga usaha saya makin lancar, dan pelanggan makin banyak,” tutupnya.

Editor : Kholistiono

LIPSUS 15 - Ketoprak Pati Pantang Mati

LIPUTAN KHUSUS

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

33,301FansSuka
15,628PengikutMengikuti
4,335PengikutMengikuti
97,028PelangganBerlangganan

Berita Terpopuler