31 C
Kudus
Minggu, Juli 21, 2024

Direktur PDAM Kudus Ditahan Kejati Jateng Terkait Kasus Dugaan Suap Jual Beli Jabatan

BETANEWS.ID, SEMARANG – Kejaksaan Tinggi (Kejati) Jawa Tengah menahan Direktur PDAM Kudus Ayatullah Humaini, dalam kasus dugaan suap jual beli jabatan di perusahan milik daerah tersebut. Yang bersangkutan ditahan hari ini, Kamis (16/7/2020).

“Ditahan 20 hari ke depan,” ujar Asisten Tindak Pidana Khusus Kejati Jateng, Ketut Sumedana di Semarang.

Baca juga : Statusnya Ditingkatkan jadi Tersangka, Humaini Belum Didampingi Kuasa Hukum

-Advertisement-

Humaini sendiri, menurut Ketut, sudah ditetapkan menjadi tersangka pada 27 Juni lalu. Hal ini merupakan pengembangan dari operasi tangkap tangan (OTT) yang dilakukan oleh Kejari Kudus terhadap salah satu pegawai PDAM Kudus pada 11 Juni 2020.

Ia menjelaskan, barang bukti yang diamankan, di antaranya adalah dokumen yang terkait pengangkatan pegawai, termasuk dokumen pembuktian dan juga uang Rp 65 juta.

“Yang berhasil kita rincikan ada Rp 720 juta. Ini akan kita kembangkan terus,” ungkapnya.

Ketut juga menjelaskan, jika peran dari tersangka adalah memerintahkan dan menerima dalam perkara suap tersebut. Pihak swasta yang juga jadi tersangka, yaitu SO juga ikut diperintah untuk mencari pegawai yang mau diangkat.

“Memerintahkan Plt pegawai dan pihak swasta untuk menyediakan uang dengan mencari dari pegawai yang diangkat dan dipromosikan termasuk pegawai honorer,” sebutnya.

Baca juga : Direktur jadi Tersangka, Pelayanan PDAM Kudus Tetap Berjalan

Lanjutnya, saat ini baru ada 16 orang yang mengaku telah menyerahkan uang, dengan besaran bervariasi. Mulai dari Rp 10 juta hingga Rp 65 juta.

Atas perbuatannya, tersangka dijerat dengan Pasal 12e, 11, serta 5 Undang-undang Nomor 31 tahun 1999 yang telah diubah dan ditambahkan dalam Undang-Undang Nomor 20 tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi.

Editor : Kholistiono

Imam Arwindra
Imam Arwindrahttps://betanews.id
Jurnalis Beta Media yang sejak awal ikut terlibat dalam pembentukan Seputarkudus.com, cikal bakal Betanews.id.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

42,000FansSuka
13,322PengikutMengikuti
30,973PengikutMengikuti
141,000PelangganBerlangganan

TERPOPULER