31 C
Kudus
Senin, Agustus 2, 2021
spot_img
BerandaEkonomiIkan Mas Koki...

Ikan Mas Koki Ankok Farm Mampu Tembus Pasar Mancanegara

BETANEWS.ID, KUDUS – Sore itu, di pekarangan belakang rumah di Desa Loram Kulon, Kecamatan Jati, Kudus tampak ramai. Terlihat ada beberapa orang ngobrol di sebuah brak. Tak jauh dari mereka, terlihat belasan kolam beton. Di dalam kolam itu, terlihat puluhan ikan beraneka warna dengan bentuk unik. Ikan – ikan itu adalah Ikan Mas Koki koleksi Ankok Farm yang mampu tembus pasar hingga mancanegara.

Anis Nova (30), Pemilik Ankok Farm menuturkan, di tempatnya menyediakan aneka jenis dan grade Ikan Mas Koki. Ikan Mas Koki koleksi Ankok Farm selama ini sangat diminati banyak orang. Bahkan, secara rutin setiap bulan bisa ekspor ke luar negeri.

Ikan Mas Koki yang akan dipasarkan ke luar wilayah Kudus. Foto : Rabu Sipan

“Kami pertama kali ekspor Ikan Mas Koki pada tahun 2019. Dan Alhamdulillah, hingga sekarang mininal sebulan sekali pasti ada penjualan ke luar negeri,” ujar pria yang akrab disapa Anis kepada Betanews.id, Senin (1/6/2020).

- Ads Banner -

Baca juga : Dari Sekadar Hobi, Bisnis Sampingan Ikan Mas Koki Bikin Hoki

Pria yang juga bekerja di perusahaan rokok di Kudus itu menuturkan, Ikan Mas Koki yang laku diekspor itu yang memang grade premium, atau ikan kelas kontes. Menurutnya, pertama permintaan ekspor itu dari Vietnam, terus lanjut Malaysia. Hingga sekarang hampir semua negara di Benua Asia sudah dikirimi Ikan Mas Koki dari Ankok Farm.

Dia mengatakan, di Ankok Farm ada tiga jenis Ikan Mas Koki yang dibudidaya. Yakni jenis Ranchu, Oranda dan Ryukin. Namun ungkapnya, dari ketiga jenis tersebut yang diminati pasar luar negeri itu Ikan Mas Koki jenis Ranchu dan Oranda. Sedangkan untuk jenis Ryukin lakunya hanya di pasar nasional.

Selain laku dijual hingga pasar luar negeri, kata dia, Ikan Mas Koki miliknya juga sering menjuarai kontes di beberapa kota besar di Indonesia. Menurutnya, kontes yang diikutinya itu kelas nasional, pesertanya juga bisa datang dari pelosok negeri.

“Yang dinilai dari kontes itu biasanya anatomi tubuh, warna, serta gaya renang. Alhamdulillah dari beberapa kali ikut event perlombaan skala nasional, kami sering juara,” ujarnya.

Dia pun kemudian memberi tips cara budi daya Ikan Mas Koki. Menurutnya, budi daya Ikan Mas Koki tidaklah susah. Yang penting telaten dan tekun. Pemberian pakan tiga kali sehari. Seminggu sekali air kolam diganti, serta secara rutin sebulan sekali dilakukan sortir.

“Dari pemijahan hingga siap jual, Ikan Mas Koki butuh sekitar tiga bulan,” paparnya.

Baca juga : Lebih Menjanjikan dan Tak Ada Matinya, Usman Sukses Budi Daya Lele

Sedangkan untuk kendala, tuturnya, setiap memasuki Bulan Juli hingga Oktober adalah masa pancaroba bagi pelaku budi daya Ikan Mas Koki. Karena pada masa itu seolah ada wabah yang mengakibatkan ikan mas koki itu bisa mati secara tiba – tiba dan massal.

“Saat itu adalah masa tersulit bagi peternak Ikan Mas Koki. Kalau saya biasanya berusaha mungkin menyelamatkan indukan jangan sampai ikut mati terkena wabah,” bebernya.

“Selain itu, kendala lainnya yakni pengiriman. Masalah pengiriman itu tidak hanya untuk luar negeri, tapi juga untuk yang dalam negeri,” tambahnya.

Editor : Kholistiono

Lipsus 6 - Demak Tenggelam dan Kembalinya Selat Muria

Tinggalkan Balasan

30,114FansSuka
14,822PengikutMengikuti
4,331PengikutMengikuti
48,437PelangganBerlangganan

Berita Terpopuler