31 C
Kudus
Selasa, Desember 6, 2022
BerandaTeknologiGanjar Apresiasi Aplikasi...

Ganjar Apresiasi Aplikasi PSBB, Minta Terus Disosialisasikan ke Masyarakat

BETANEWS.ID, BANDUNGAN – Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengapresiasi langkah Riza Rifai dan kawan-kawan yang menciptakan aplikasi PSBB (Pusat Sayur dan Buah Bandungan). Adanya aplikasi ini bisa membantu para pedagang di Bandungan yang terdampak Covid-19.

Menurut Ganjar, selama ini Bandungan dikenal sebagai pusat penghasil dan penjualan sayur serta buah-buahan di wilayah Kabupaten Semarang dan sekitarnya. Namun, semenjak Corona menyerang, penjualan sayur dan buah-buahan, terutama di pasar menurun drastis.

Komoditas Bandungan yang dijual di aplikasi PSBB. FOto: Ist.

“Anak-anak kreatif ini membantu pedagang dengan membuat aplikasi PSB Bandungan (PSBB).  Karena sebenarnya di Bandungan ini sudah sangat terkenal sayurannya segar, buahnya bagus. Tapi begitu Corona, mereka tidak bisa jualan karena PSBB. Nah, solusinya PSB Bandungan,” kata Ganjar saat mengunjungi pencipta aplikasi PSBB di Bandungan, Kamis (10/6/2020).

- Ads Banner -

Bagi Ganjar, langkah ini sangat bagus, karena masyarakat bisa tetap bekerja dan jualan tapi beda tempat dan beda cara. Anak-anak muda itu juga mengamalkan fungsi sosial selain fungsi ekonomi karena di aplikasi ini bebas ongkos kirim (ongkir).

Baca juga: Pemuda Bandungan Bikin Aplikasi PSBB untuk Bantu Pedagang di Tengah Pandemi

“Mudah-mudahan ini awal yang bagus untuk terus mengenalkan. Saran saya, aplikasinya mesti dikenalkan sehingga orang tahu, kelak di kemudian hari ini akan menggelinding. Ada yang jualan konvensional, ada juga yang virtual,” tandasnya.

Sementara itu, pencetus aplikasi PSBB Riza Rifai mengatakan, aplikasi PSBB dia cetuskan sekitar dua bulan silam bersama empat rekannya. Awalnya, dia resah dengan adanya larangan berjualan di pasar di masa Pandemi Covid-19.

“Sekarang kami punya mitra 100. Ada yang pedagang, petani sampai UMKM. Sekarang transaksinya satu hari sekitar Rp 1,5 juta,” tutupnya.

Editor: Ahmad Muhlisin

Ahmad Muhlisin
Ahmad Muhlisinhttps://betanews.id
Jurnalis Beta Media yang sebelumnya telah lama menjadi reporter dan editor di sejumlah media.

LIPSUS 15 - Ketoprak Pati Pantang Mati

LIPUTAN KHUSUS

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

33,301FansSuka
15,628PengikutMengikuti
4,337PengikutMengikuti
97,028PelangganBerlangganan

Berita Terpopuler