31 C
Kudus
Minggu, November 27, 2022
BerandaKESEHATAN3 Tips Perawatan...

3 Tips Perawatan dari Mili Dental Care untuk Gigi Lebih Sehat

BETANEWS.ID, KUDUS – Di sebuah ruangan lantai dua Mili Dental Care tampak dua orang memakai alat perlindungan diri (APD) lengkap. Tampak orang yang mengenakan baju hazmat warna biru duduk di samping pasien. Dengan dibantu asistennya yang menggunakan baju hazmat putih, dia melakukan perawatan gigi pada pasiennya. Pemakai baju hazmat biru tersebut yakni drg Mahar Rosa Erwidawan (29).

Seusai menyelesaikan pekerjaannya, dia pun sudi berbagi penjelasan kepada Betanews.id tentang profesinya tersebut. Dia mengatakan, agar tetap bisa melayani para pasien di tengah pandemi corona, ia pun harus rela menggunakan APD level tiga. Meski agak ribet dan mengganggu, hal itu harus dilaksanakannya, karena sudah jadi prosedur dari Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI).

drg Mahar Rosa Erwidawan yang bertugas di Mili Dental Care. Foto: Rabu Sipan.

“Ini prosedur. Jadi harus dijalankan, agar bisa tetap memberi layanan perawatan kesehatan gigi untuk para pasien di tengah pandemi Corona yang melanda,” ujar pria yang akrab disapa Mahar tersebut.

- Ads Banner -

Baca juga: Tampil Percaya Diri dengan Perawatan Gigi di Mili Dental Care

Pria lulusan Fakuktas Kedokteran Gigi UGM itu menuturkan, selain menggunakan APD, ruangan praktik juga dilengkapi sinar UVC. Menurut badan kesehatan dunia (WHO), sinar UVC mampu membunuh virus Corona. Selain itu, sirkulasi udara ruangan juga harus bagus, sebagai pembunuh semua virus yang terdapat di udara karena Aerosol.

Setelah memberi penjelasan protokol praktik pelayanan perawatan gigi pada pasien, Mahar pun sudi memberi tiga tips menjaga kesehatan gigi di rumah selama pandemi covid-19. Pertama, agar gigi tetap sehat, dianjurkan sikat gigi rutin setelah makan dan sebelum tidur. Kedua, gunakan mouthwash yang mengandung chloren dioxide povidone iodin.

“Ketiga, bila sakit minum obat penghilang rasa nyeri. Namun, bila sakit masih berlanjut bisa ke dokter gigi, karena dokter gigi masih menerima perawatan darurat,” bebernya.

Baca juga: Pernah Minder dengan Penampilan, Diana Siap Bantu Para Wanita di Funny Beauty Studio

Kedaruratan itu sendiri, tambahnya, antara lain sakit yang tak tertahankan atau pendarahaan di area mulut dan gigi yang tidak berhenti, trauma gigi karena kecelakaan atau akibat benturan, dan gusi bengkak maupun gigi goyah.

“Begitulah tips menjaga kesehatan gigi. Semoga bermanfaat. Jaga selalu kesehatan gigi dan mulut agar senyum dan kita makin percaya diri,” tutup Mahar.

Editor: Ahmad Muhlisin

LIPSUS 15 - Ketoprak Pati Pantang Mati

LIPUTAN KHUSUS

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

33,301FansSuka
15,628PengikutMengikuti
4,335PengikutMengikuti
97,028PelangganBerlangganan

Berita Terpopuler