31 C
Kudus
Kamis, Desember 1, 2022
BerandaKOMUNITASKomunitas Peduli Lau...

Komunitas Peduli Lau Renovasi Rumah Mbah Jaimah

BETANEWS.ID, KUDUS – Puluhan pemuda terlihat bergotong royong mengeluarkan barang-barang dari sebuah rumah di tepi Jalan Pacikaran Lau, Desa Lau, Kecamatan Dawe, Kudus. Rumah berukuran 5×4 meter persegi itu tampak dibongkar bagian lantai dan dapurnya. Mereka adalah Komunitas Peduli Lau, yang melakukan renovasi rumah tak layak huni milik Mbah Jaimah.

Satu di antara pemuda di sana yakni Muhammadun (37) mengungkapkan, jika bagian yang direnovasi adalah lantai, dapur, halaman dan juga tembok yang rusak. Untuk biaya, mereka mengalokasikan uang hasil donasi senilai Rp 1 juta.

Rumah Mbah Jaimah sedang direhab oleh warga. Foto : Ahmad Rosyidi

Baca juga : Galang Dana untuk Warga, Komunitas Peduli Lau Salurkan 50 Paket Sembako

- Ads Banner -

“Uangnya memang tidak begitu banyak, kami mengalokasikan donasi Rp 1 juta. Tetapi selain uang, sudah ada donatur yang siap menanggung kebutuhan pasir dan semennya. Jadi itu sangat membantu,” ungkap Satkorkel Banser Ranting Desa Lau itu, kepada betanews.id, Minggu (17/5/2020).

Dalam proses renovasi, pria yang akrab disapa Madun itu menggerakkan sekitar 20 pemuda untuk membantu. Menurutnya, antusias pemuda yang tergabung di Komunitas Peduli Lau sangat tinggi. Jadi tidak ada kendala saat pelaksanaannya.

“Mayoritas pemuda yang ikut renovasi ini dari Banser. Selain itu juga ada Ansor dan Karang Taruna juga yang membantu. Di belakang juga ada Pak RT bantu bersih-bersih. Kami berharap donasi bisa terus berjalan, agar bisa membantu warga yang lain,” terang warga Desa Lau, RT 05 RW 01 itu.

Sementara itu, Manshurudin (32) selaku Koordinator Komunitas Peduli Lau menambahkan, Mbah Jaimah saat ini hidup sebatang kara. Rumahnya sudah tidak layak huni, semua barang berserakan. Hal itu yang membuat para pemuda tergerak untuk membantu.

“Mbah Jaimah ini tinggal sendiri sebatang kara. Kami cuma bisa membantu semampunya. Berharap bisa lebih diperhatikan pemerintah untuk bantuan selanjutnya,” tambah Ketua Ansor Ranting Desa Lau itu.

Baca juga : Atap Rumah Bocor, Mbah Rumiati Hanya Bisa Duduk Pasrah Diguyur Air Hujan

Di samping rumah, Mbah Jaimah (75), sambil duduk melihat para pemuda di halaman rumahnya mengaku senang rumahnya direnovasi. Apa lagi saat momen menjelang Lebaran. Dirinya juga berterima kasih kepada para pemuda, sudah membantu membersihkan dan merenovasi rumahnya.

“Seneng aku, meh bodo diewangi resik-resik. Matursuwun akeh karo anak-anakku,” ujar Mbah Jaimah sambil tersenyum.

Editor : Kholistiono

LIPSUS 15 - Ketoprak Pati Pantang Mati

LIPUTAN KHUSUS

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

33,301FansSuka
15,628PengikutMengikuti
4,336PengikutMengikuti
97,028PelangganBerlangganan

Berita Terpopuler