31 C
Kudus
Kamis, Desember 1, 2022
BerandaSENIIndonesia Kaya Ajak...

Indonesia Kaya Ajak Nonton Teater Kisah Hidup Chairil Anwar di Rumah Aja

BETANEWS.ID, KUDUS – Bakti Budaya Djarum Foundation mengajak penikmat seni menyaksikan pertunjukan teater secara daring. Melalui program Indonesia Kaya, pementasan teater yang akan dipertontonkan berjudul Perempuan-Perempuan Chairil.

Program Director Bakti Budaya Djarum Foundation Renitasari Adrian mengatakan, pementasan Perempuan-Perempuan Chairil dapat dilihat secara streaming di chanel Youtube Indonesia Kaya dan website www.indonesiakaya.com. Acara tersebut akan ditayangkan 9 Mei hingga 10 Mei 2020 pukul 14.00 WIB.

Renita menjelaskan, pertunjukan Perempuan-Perempuan Chairil merupakan rekaman dari pementasan yang diselenggarakan pada 11 hingga 12  November 2017 silam. Pertunjukan tersebut menampilkan aktor Reza Rahardian, Marsha Timothy, Chelsea Islan, Tara Basro dan Sita Nursanti.

- Ads Banner -

“Melihat antusiasme tinggi dari penikmat seni ketika di Teater Jakarta silam, maka kami menghadirkan rekaman pementasan ini dalam kegiatan nonton di rumah aja,” ungkapnya melalui siaran pers, Kamis (7/5/2020).

Pertunjukan teater Perempuan-Perempuan Chairil Anwar, beberapa waktu lalu. Foto: Ist.

Penayangan itu, kata Renita, merupakan upayanya dalam mengenalkan sosok Chairil Anwar kepada masyarakat. Menurutnya, Chairil Anwar merupakan seorang penyair Indonesia yang legendaris. Karya-karyanya sangat fenomenal dan mendunia.

“Melalui kegiatan ini diharapkan kita lebih mengenal sosok Chairil Anwar melalui kisah dibalik puisi ciptaannya,” jelasnya.

Renita menuturkan, kisah yang diangkat dalam teater terinspirasi dari buku karya Hasan Aspahani. Buku berjudul Chairil tersebut menceritakan perjalanan hidup Chairil Anwar melalui sosok perempuan yang hadir dalam puisinya. Termasuk juga mengungkap pemikiran penyair legendaris Indonesia itu mengenai makna kemerdekaan manusia dan bangsa.

“Pertunjukan teater Perempuan-Perempuan Chairil disutradarai oleh Happy Salma dan Agus Noor. Happy Salma selain menjadi sutradara juga sebagai produser dalam pertunjukan ini,” tambahnya.

Baca juga: Berawal dari Hobi, Kini Seni Patung jadi Jalan Hidup Bagi Baruno

Sementara itu, Happy Salma Produsen Teater Perempuan-Perempuan Chairil mengungkapkan, selain menceritakan kisah perjalanan hidup Chairil Anwar, pertunjukan juga memperlihatkan kegelisahan Chairil Anwar dalam menjalani hidup. Selain itu, juga menyuguhkan pemikirannya dalam semangat kemerdekaan di negeri ini.

Heppy Salma menceritakan, alur cerita tersaji dalam empat babak. Yakni pertama kisah hubungan dengan wanita bernama Ida Nasution yang diperankan Marsha Timothy.

Ida Nasution menurutnya yakni seorang mahasiswa dengan pemikiran kritis dan bisa menyaingi intelektual Chairil. Mereka selalu berdebat.

“Ida juga seorang penulis yang hebat,” tuturnya.

Selanjutnya, wanita kedua yakni Sri Ajati. Dia diperankan aktris muda Chelsea Islan. Sri Ajati seorang mahasiswa yang suka bermain teater dan model lukisan. Dia juga gadis ningrat yang tidak membeda-bedakan teman.

Wanita ketiga yakni Sumirat. Sumirat diperankan oleh Tara Basro . Dia seorang yang terdidik dan lincah. Sumirat sangat mengagumi Chairil. Dia pun tahu betul cara mencintai Chairil. Chairil juga mencintainya. Namun akhirnya cinta mereka kandas.

“Pada akhirnya Chairil bertemu dengan Hapsah yang menggapnya pria biasa,” tuturnya.

Baca juga: 11 Tahun Teater Keset Berkarya

Happy Salma melanjutkan, Hapsah diperankan oleh Sita Nursanti. Hapsah dikisahkan orang yang tenang dan berani mengambil resiko. Kelak Hapsah akan menjadi istri Chairil dan memberikan keturunan untuknya.

“Jadi keseluruhan cerita yakni empat perempuan yang tak sama, dan empat cerita berbeda,” tambahnya.

Hal yang sulit dari pementasan ini, kata Happy Salma, yakni dialog yang disuguhkan tersusun dari berbagai puisi. Menurutnya, dia harus menggali lebih dalam sosok Chairil.

“Saya harus membaca berulang-ulang karyanya,” jelasnya.

Menurut Happy Salma, pementasan ini juga dimeriahkan pemain pendukung Sri Qadariati sebagai perempuan malam dan Indrasitas sebagai Affandi. Selain itu juga didukung tim solid dan profesional.

“Selamat menikmati dan stay at home, ya,” tutupnya.

Editor: Ahmad Muhlisin

Imam Arwindra
Imam Arwindrahttps://betanews.id
Jurnalis Beta Media yang sejak awal ikut terlibat dalam pembentukan Seputarkudus.com, cikal bakal Betanews.id.

LIPSUS 15 - Ketoprak Pati Pantang Mati

LIPUTAN KHUSUS

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

33,301FansSuka
15,628PengikutMengikuti
4,336PengikutMengikuti
97,028PelangganBerlangganan

Berita Terpopuler