31 C
Kudus
Sabtu, Juli 4, 2020
Beranda Jateng Ganjar: New Normal...

Ganjar: New Normal Belum Bisa Diterapkan Dalam Waktu Dekat

BETANEWS.ID, SEMARANG – Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo menyatakan new normal atau kenormalan baru belum bisa diterapkan dalam waktu dekat. Syarat yang harus terpenuhi sebelum penerapan new normal yakni grafik penularan Covid-19 harus menurun hingga menyentuh batas bawah.

“Kita belum akan menerapkan kenormalan baru dalam waktu pendek. Kalau melihat grafiknya masih tinggi, ini tentu belum bisa diterapkan. Grafiknya (penularan Covid-19) harus turun dulu hingga hampir menyentuh batas bawah,” ujar Ganjar beberapa waktu lalu.

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo. Foto: Ist

Meski begitu, Ganjar meminta seluruh lapisan masyarakat dan instansi pemerintahan menyiapkan diri untuk skenario new normal. Dia menegaskan seluruh perkantoran dinas pada jajarannya mulai melakukan penataan pekan ini. Selain instansi pemerintah, dia juga menginstruksikan agar swasta juga menyiapkannya, termasuk pabrik, pasar dan swalayan.

“Instansi pemerintah harus memberi contoh lebih dulu. Maka mulai Selasa (26/5) diwajibkan untuk melakukan penataan, sebelum kenormalan baru benar-benar diterapkan untuk semua lapisan masyarakat. Karena ini belum bisa diterakpan, kita latihan dulu,” ujar Ganjar.

Baca juga: Ganjar Gelontorkan Rp 38 M Demi UMKM Tetap Eksis di Tengah Pandemi

Dia menjelaskan, seluruh layanan umum harus tetap mengikuti protokol kesehatan. Instansi yang berhubungan dengan masyarakat secara langsung harus ada tabir pembatasnya. Untuk layanan back office agar mengtur jarak agar tidak terlalu dekat.

Untuk instansi swasta, Ganjar menginstruksikan agar menyesuaikan diri. Meski begitu, dia menganggap penerapan protokol kesehatan ini telah banyak diterapkan instansi swasta. Protokol kesehatan ini telah banyak diterapkan di pabrik, pasar, dan swalayan.

Di Kudus kemarin sudah ada yang menerapkan, maka beberapa pabrik juga kita minta untuk melakukan itu agar bisa ditiru. Pasar-pasar di Salatiga juga telah lebih dulu,” katanya.

Baca juga: Ganjar Pastikan Protokol Kesehatan Penanganan PMI di Bandara Berjalan Ketat

Kalau penerapan di pabrik, pasar maupun mal sudah menjadi pengetahuan umum, mulai visualnya, bentuk serta polanya, menurut Ganjar dengan sendirinya semua akan menemukan satu formula yang bagus.

Bahkan khusus untuk supermarket dan mal, Ganjar telah menginstruksikan agar Bupati dan Walikota lebih ketat menerapkan aturan protokol kesehatan. Ganjar menyebut saat ini telah memasuki masa-masa kritis, terutama saat Ramadan dan lebaran kemarin dengan banyaknya masyarakat yang belanja.

“Kita sudah minta kalau tidak bisa taat tutup. Mudah-mudahan pasca lebaran ini sudah agak reda sehingga bisa diatur lagi. Kita minta pengusaha tolong semuanya diatur dengan baik,” tandasnya.

Baca juga: Gerakkan Sektor UMKM, Ganjar Borong 3 Juta Masker Senilai Rp 10 Miliar

Agar aturan protokol kesehatan itu berjalan optimal, Ganjar mengatakan agar seluruh daerah menerjunkan seluruh potensi penegak peraturan, dari Satpol-PP, Satpam sampai peran pengawasan masyarakat. Terlebih beberapa daerah telah menerbitkan regulasi, dari Peraturan Walikota maupun Peraturan Daerah.

Editor: Suwoko

Tinggalkan Balasan

24,655FansSuka
13,322PengikutMengikuti
4,306PengikutMengikuti
12,711PelangganBerlangganan

Berita Terpopuler

Dibuka Kembali, Wisata Ternadi yang Suguhkan Indahnya Alam Muria Ramai Pengunjung

BETANEWS.ID, KUDUS – Keindahan lereng Penggunungan Muria langsung menyergap indra penglihatan saat tiba di Destinasi Wisata Ternadi, Sabtu (27/6/2020). Cuaca yang cerah...

Industri Furniture di Semarang Ini jadi Langganan Artis Hollywood

BETANEWS.ID, SEMARANG – Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo tiba-tiba menghentikan sepedanya ketika melintas di depan bangunan tua bergaya Eropa di Jalan Raya...

Iuran BPJS Kesehatan Naik, Kelas 3 Dapat Subsidi Rp 16.500

BETANEWS.ID, KUDUS - Sejumlah orang yang hendak masuk ke kantor BPJS Kesehatan Kudus tampak diarahkan untuk cek suhu badan dan cuci tangan...

Segar di Mulut Aman di Perut, Es Mie Telur Jelly di Kedai Azzam Diburu Pembeli

BETANEWS.ID, KUDUS - Di tepi Jalan Tambak Lulang, Desa Ploso, Kecamatan Jati, Kudus tampak bangunan bercat merah jambu. Di dalam bangunan terlihat...

Satu Pegawai Positif Covid-19, Kampus UMK Diliburkan Sepekan

BETANEWS.ID, KUDUS - Universitas Muria Kudus (UMK) akan meliburkan sementara aktivitas di kampus menyusul adanya satu pegawai yang terkonfirmasi positif Covid-19.

Mantan Anggota DPRD Kudus Meninggal di Depan ATM

BETANEWS.ID, KUDUS - Mantan Anggota DPRD Kabupaten Kudus , Ngatmin Ali Manda meninggal mendadak di depan ATM BNI dekat Kantor Perusahaan Daerah...

Sempat Stop Setahun, Pedangdut Ayu Vaganza Kembali Konsumsi Narkoba Karena Sepi Job

BETANEWS.ID, KUDUS - Pedangdut Ayu Vaganza (23) ditangkap Satuan Reserse Narkoba (Satres Narkoba) Polres Kudus, Selasa (30/6/2020). Perempuan yang memiliki nama asli...