31 C
Kudus
Sabtu, Desember 3, 2022
BerandaKUDUSDesa Ploso Tetap...

Desa Ploso Tetap Laksanakan Salat Idul Fitri di Masjid

BETANEWS.ID, KUDUS – Beberapa orang berbatik terlihat duduk-duduk santai sambil ngobrol di Balai Desa Ploso, Kecamatan Jati, Kabupaten Kudus, Rabu (20/5/2020). Di antaranya adalah para perangkat desa dan babinsa. Ternyata, mereka usai mengikuti musyawarah dengan pengurus masjid dan musala desa.

Kepala Desa Ploso Mas’ud mengatakan, musyawarah tersebut membahas pelaksanaan kegiatan takbir keliling dan salat Idul Fitri di Desa Ploso. Rapat yang dimulai dari pukul 11.00 WIB itu mendapatkan beberapa hasil, di antaranya peraturan yang memperbolehkan pelaksanaan salat Id dengan protokol kesehatan yang ditentukan.

Baca juga: Salat Idul Fitri, Hartopo: ‘Saya Instruksikan untuk Ditiadakan’

- Ads Banner -

“Untuk pelaksanaan salat Id, keputusan kami tetap boleh. Namun, ada beberapa syarat untuk memenuhi protokol kesehatan demi menghindari dan memutus pandemi Covid-19. Yaitu wajib memakai masker, mencuci tangan terlebih dahulu, dan tidak bersalaman,” papar Mas’ud.

Selain itu, pihak desa akan meniadakan takbir keliling. Hal itu disepakati dengan alasan untuk menghindari adanya kerumunan yang memang tidak diperbolehkan. Sehingga takbir akan dikumandangkan melalui masjid dan musala-musala saja.

“Kami akan membagi tempat-tempat untuk salat nanti. Kami memutuskan akan memakai tiga tempat untuk salat Id. Pertama adalah Masjid Istiqlal, Masjid Al Mujahiddin, dan di wilayah RT 03 RW 04,” rincinya.

Baca juga: Sesalkan Keputusan Bupati yang Perbolehkan Salat Id di Masjid, Ganjar : Ikuti Ketentuan Pemerintah

Khusus untuk pemudik, Mas’ud menyarankan untuk menjalani karantina secara mandiri selama 14 hari. Jika masa isolasi belum mencapai saat pelaksanaan salat Idul Fitri, mereka tidak diperbolehkan untuk mengikuti salat di masjid atau wilayah masing-masing.

“Para pemudik lebih baik salat Id di rumah saja,” pungkas Mas’ud.

Editor: Ahmad Muhlisin

LIPSUS 15 - Ketoprak Pati Pantang Mati

LIPUTAN KHUSUS

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

33,301FansSuka
15,628PengikutMengikuti
4,336PengikutMengikuti
97,028PelangganBerlangganan

Berita Terpopuler