31 C
Kudus
Sabtu, Desember 3, 2022
BerandaKUDUSBerpikir Positif dan...

Berpikir Positif dan Bahagia Jadi Kunci Kesembuhan Marsini dari Covid-19

BETANEWS.ID, KUDUS – Marsini (35) tampak begitu semringah saat tiba di rumahnya di Desa Tenggeles, Kecamatan Mejobo, Kabupaten Kudus, Jumat (29/5/2020). Dengan mengenakan kerudung dan masker warna merah, ia terus menyapa para tetangganya yang sudah menunggu, sampai ia masuk rumah.

Kebahagian ini begitu berasalan. Mengingat, wanita yang dikonfirmasi positif Covid-19 setelah melahirkan itu sudah dinyatakan sembuh dan bisa pulang ke kediamannya.

Sambil memegang surat keterangan sembuh dari Dinas Kesehatan Kabupaten Kudus, Marsini menceritakan dirinya mulai dirawat di RS Aisyiyah Kudus sejak 14 Mei 2020. Dia masuk ke rumah sakit untuk melahirkan anaknya yang ke dua. Namun, karena suhu badannya tinggi, pihak rumah sakit kemudian melakukan rapid test kepada Marsini dengan hasil reaktif Corona dan dilanjutkan dengan tes swab.

Marsini tiba di rumahnya setelah dinyatakan sembuh dari Covid-19, Jumat (29//5/2020). Foto: Imam Arwindra.
- Ads Banner -

“Saya sebelumnya tidak menyangka. Karena kondisi badan saya memang sehat bugar. Kalau ada panas dan letih, ya, biasa kondisi hamil,” tuturnya.

Saat menunggu hasil keluar, Marsini ternyata harus dirujuk ke RSUP dr Kariadi Semarang karena memiliki kendala dalam melahirkan dan akhirnya dioperasi caesar.

“Jadi saya melahirkan di Kariadi semarang dengan caesar. Dirujuk kelihatannya tanggal 15 Mei,” jelasnya.

Baca juga: Hartopo Sebut Kepatuhan Protokol Covid-19 di Desa Lebih Rendah Ketimbang di Kota

Setelah proses persalinan, lanjut Marsini, hasil swab keluar dan terkonfirmasi positif Covid-19. Ketika itu dirinya merasa khawatir dengan anak keduanya. Namun, Marsini menyakini anak perempuannya pasti sehat.

“Saya yakin semua sehat. Karena saya merasa sehat. Ya, seperti ini sehat,” tuturnya sambil menggerakkan kedua pundaknya.

Marsini selanjutnya kembali dirawat bersama anaknya di RS Aisyiyah Kudus mulai 22 Mei 2020 untuk menjalani proses pemulihan.

“Alhamdulillah hasilnya (swab) negatif dan saya bisa pulang. Ini saya senang sekali tetangga dan keluarga menyambut saya,” ungkapnya.

Marsini menuturkan, kunci kesembuhan dirinya yakni selalu bahagia dan berfikir positif. Selain itu, selalu memakan makanan bergizi, melakukan hidup sehat dan mengikuti semua arahan dari dokter.

Sementara itu, Direktur RS Aisyiyah Kudus Hilal Ariadi mengungkapkan, pihaknya harus merujuk ke RSUP dr Kariadi Semarang karena pasien memiliki masalah nyeri tulang belakang (low back pain) saat masa melahirkan.

“Saat masuk ke RS Aisyiyah tanggal 14 Mei, usia kehamilan yakni 37 Minggu. Selain reaktif covid-19 dan memiliki penyakit nyeri pada tulang belakang, akhirnya dirujuk ke rumah sakit lini satu di RSUP dr Kariadi Semarang,” tuturnya.

Setelah melakukan operasi tanggal 15 Mei dan dirawat di RSUP dr Kariadi Semarang sekitar satu pekan. Kondisinya membaik dan dirujuk kembali ke RS Aisyiyah tanggal 22 Mei untuk masa penyembuhan.

“Jadi dari tanggal 22 Mei hingga hari ini dirawat di RS Aisyiyah sambil menunggu hasil swab. Akhirnya hasil swab terakhir keluar negatif (Covid-19),” jelasnya.

Baca juga: Cerita Umi yang Pernah Dinyatakan Positif Covid-19 Usai Kuret

Hilal melanjutkan, dengan hasil swab yang menunjukkan negatif Covid-19, pasien diperbolehkan pulang.

“Anaknya sehat tidak terpapar Covid-19. Ini juga sudah boleh pulang,” tambahnya.

Di sisi lain, Plt Bupati Kudus HM Hartopo mengucapkan selamat atas kesembuhan Marsini. Dengan sembuhnya Marsini, membuktikan kasus Covid-19 di Kudus cenderung menurun. Dengan kondisi tersebut, pihaknya pada waktu dekat akan menerapkan Kenormalan Baru di Kota Kretek.

“Jadi Kudus cenderung menurun. Obat covid-19 juga belum ditemukan. Jadi kita harus bersahabat dengan Covid-19. Nanti kami akan lakukan sosialisasi mengenai New Normal di setiap desa-desa” tutupnya.

Editor: Ahmad Muhlisin

Imam Arwindra
Imam Arwindrahttps://betanews.id
Jurnalis Beta Media yang sejak awal ikut terlibat dalam pembentukan Seputarkudus.com, cikal bakal Betanews.id.

LIPSUS 15 - Ketoprak Pati Pantang Mati

LIPUTAN KHUSUS

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

33,301FansSuka
15,628PengikutMengikuti
4,336PengikutMengikuti
97,028PelangganBerlangganan

Berita Terpopuler