31 C
Kudus
Rabu, Juli 17, 2024

Stadion GBK Sudah Mulai Ditanami Rumput dan Dipasangi Single Seat

BETANEWS.ID, JEPARA – Stadion Gelora Bumi Kartini (GBK) yang menjadi kebanggaan masyarakat Jepara saat ini sedang dalam tahap renovasi oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (Kemen PUPR) sejak awal Januari 2024 lalu.

Berdasarkan pantauan di lokasi, bagian lapangan sudah dilakukan proses penanaman rumput di sebagian sisi, sedangkan sisi lainnya masih diuruk menggunakan pasir. Sistem drainase rumput lapangan juga sudah dipasang.

Baca Juga: Penerbangan 1.000 Lampion Bakal Meriahkan Pantai Bandengan pada 10 Agustus

-Advertisement-

Tribun penonton juga terlihat sudah dipasangi single seat. Dibagian tribun terbuka kursi yang dipasang berwarna kuning, merah, dan biru. Kemudian di tengahnya terdapat ornamen bertuliskan Stadion GBK dan sudah dipasangi juga dengan videotron.

Sementara kursi di bagian VIP berwarna abu-abu. Di bagian tengah kursi VIP nantinya akan dilengkapi dengan meja komentator dan kursi bagi media pers.

Arif Sugiharto, Chief Engineer PT. Sinar Cerah Sempurna yang menjadi kontraktor Renovasi stadion GBK menjelaskan progres renovasi Stadion GBK saat ini secara keseluruhan sudah sekitar 70 persen.

“Kalau untuk lapangan rumput progresnya sudah sekitar 65 persen. Material rumput dan pasirnya sudah di lokasi semua, kemudian bangku penonton juga sudah di lokasi semua. Proges pemasangannya sudah sekitar 80 persen,” katanya saat ditemui di Stadion GBK, Rabu (10/7/2024).

Lebih lanjut ia mengatakan bahwa renovasi stadion nantinya akan disesuaikan dengan standar FIFA. Jenis rumput yang digunakan yaitu Zoysia matrella. Sat ini rumput tersebut sedang dalam tahap penumbuhan yang membutuhkan waktu sekitar dua bulan.

“Kalau rumput ini kan dalam tahap penumbuhan sekitar dua bulan lah, tapi perkiraan akhir Juli itu sudah keliatan rumputnya,” katanya.

Selain itu, karena mengacu pada standar FIFA, jumlah pintu di stadion juga ditambah. Total terdapat delapan pintu masuk dan enam tangga darurat. Di setiap pintu juga dilengkapi dengan kamar mandi.

Baca Juga: Persijap Jepara Nunggak Pajak Dua Tahun, Nilainya Ratusan Juta Rupiah

Kemudian, pada sisi depan lapangan juga sudah dibangun jalan yang bisa digunakan oleh penyandang disabilitas serta menjadi area untuk menonton pertandingan.

“Sesuai dengan kontrak, renovasi sampai di Bulan Oktober tahun ini. Baik untuk yang Stadion GBK maupun Stadion Jati Diri di Semarang, karena ada dua proyek yang kita kerjakan,” pungkasnya.

Editor: Haikal Rosyada

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

42,000FansSuka
13,322PengikutMengikuti
30,973PengikutMengikuti
141,000PelangganBerlangganan

TERPOPULER