31 C
Kudus
Rabu, Juli 17, 2024

SMPN 2 Kedung Jepara Kekurangan Calon Siswa saat PPDB, Ini Penyebabnya

BETANEWS.ID, JEPARA – Masa Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tingkat SMP telah usai pada 27 Juni 2024. Dari 39 SMP di Kabupaten Jepara, daya tampung atau jumlah kuota siswa di 17 sekolah masih belum terisi penuh. Salah satunya adalah SMPN 2 Kedung, Desa Bugel, Kecamatan Kedung, Kabupaten Jepara.

Kepala SMPN 2 Kedung, Duhron Firdaus, mengatakan, hingga penutupan PPDB, jumlah siswa yang mendaftar sebanyak 75 siswa. Rinciannya, 38 siswa dari jalur zonasi, 7 siswa dari jalur afirmasi, dan 30 siswa dari jalur prestasi. Adapun daya tampungnya yaitu 96 siswa yang terbagi dalam tiga Rombongan Kelas (Rombel).

Duhron menyebut, kekurangan jumlah siswa itu berasal dari jalur zonasi. Sedangkan dari jalur prestasi, jumlah pendaftarnya justru lebih dari daya tampung yang tersedia.

-Advertisement-

Baca juga: Pembukaan Kembali PPDB Tingkat SMP Dinilai Tidak Efektif Naikkan Jumlah Siswa

“Lokasi (yang jadi penyebab kekurangan siswa dari jalur zonasi), sehingga saran kami kalau ada pembukaan sekolah baru pemilihan lokasi harus diperhatikan,” katanya, Senin (1/7/2024).

Untuk memenuhi kekurangan siswa, pada masa pendaftaran ulang PPDB, selama dua hari ini pihaknya akan menghubungi beberapa siswa yang tidak lolos jalur prestasi.

“Dari jalur prestasi ini kan banyak yang terbuang, kalau kita cek ada 62 siswa. 62 ini akan kita WA, apakah ketika memilih SMPN 2 ini hanya iseng, atau benar-benar minat. Sehingga, kekurangan dari jalur zonasi bisa terpenuhi dari prestasi,” tambahnya.

Baca juga: Waduh, PPDB SMA di Pati Diwarnai Temuan Belasan KK yang Terindikasi Palsu

Lebih lanjut ia mengatakan, jumlah pendaftar selama dua tahun terakhir sebenarnya sudah meningkat. Sebab biasanya, setiap tahun SMPN 2 Kedung hanya menerima siswa sekitar 50 orang. Pada 2023, jumlah siswa yang mendaftar naik menjadi 76 siswa.

“Tahun-tahun sebelumnya kita biasanya hanya dua rombel, tapi kemarin jumlah siswanya naik. Makanya tahun ini ita ajukan ke dinas untuk membuka tiga rombel. Sehingga, dibanding tahun-tahun sebelumnya, jumlah siswa kita sebenarnya sudah naik,” ujarnya.

Editor: Ahmad Muhlisin

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

42,000FansSuka
13,322PengikutMengikuti
30,973PengikutMengikuti
141,000PelangganBerlangganan

TERPOPULER