31 C
Kudus
Sabtu, Juli 13, 2024

Protes Tarif Mahal, Pedagang Pasar Baru Kompak Tak Bayar Sewa PKD Kios dan Los

BETANEWS.ID, KUDUS – Paguyuban pedagang Pasar Baru Kudus mengeluhkan mahalnya harga sewa atas Pemakaian Kekayaan Daerah (PKD) kios dan los. Oleh karenanya, mereka berharap ada peninjauan ulang terkait harga PKD tersebut.

Ketua Paguyuban Pedagang Pasar Baru Kudus, Mufti Ali, menyampaikan, para pedagang kompak tak membayar PKD kios dan los karena mahal. Bahkan, sampai saat ini belum ada satu pun yang membayarnya.

Public hearing Pansus III Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kudus terkait Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) Perlindungan dan Pengembangan Pasar Rakyat di Gedung DPRD Kudus. Foto: Rabu Sipan

“Hingga saat ini kami kompak tak membayar PKD kios dan los. Karena terlalu mahal. Kami mohon agar PKD Pasar Baru untuk ditinjau ulang,” ujarnya dalam public hearing Pansus III Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kudus terkait Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) Perlindungan dan Pengembangan Pasar Rakyat di Gedung DPRD Kudus, belum lama ini.

-Advertisement-

Baca juga: Pasar Tradisional Sepi Pembeli, Pedagang Diminta Beralih ke Pasar Online

Selain itu, ia juga mengeluhkan parkiran di Pasar Baru yang tak ada atapnya, sehingga kendaraan pedagang dan pembeli kepanasan dan basah ketika turun hujan.

“Kami mohon itu juga dicarikan solusi agar para pengunjung Pasar Baru bisa nyaman ketika berbelanja,” bebernya.

Ketua Pansus III DPRD Kudus, Noor Hadi, mengatakan, terkait tarif sewa PKD sudah ditetapkan melalui peraturan bupati (Perbup). Karena ada keluhan dan bahkan para pedagang tak ada yang mau membayar, seharusnya besaran tarif bisa ditinjau ulang.

Baca juga: Revitalisasi 7 Pasar Tradisional Gunakan Dana Cukai Akan Dimulai Agustus

“Kita akan kaji kembali harga sewa PKD di Pasar Baru, agar ke depan para pedagang tak terbebani,” ujarnya.

Dia menuturkan, saat ini pasar tradisional sudah sepi pengunjung dampak dari gempuran pedagang online. Oleh karena itu, tarif sewa PKD yang mahal tentu sangat memberatkan.

“Menurut kami, tarif sewa PKD di Pasar Baru Kudus memang perlu ditinjau kembali,” tandasnya.

Editor: Ahmad Muhlisin

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

42,000FansSuka
13,322PengikutMengikuti
30,973PengikutMengikuti
141,000PelangganBerlangganan

TERPOPULER