31 C
Kudus
Rabu, Juli 24, 2024

Ndas Manyung, Kuliner Tradisional yang Masih Digemari Generasi Muda

BETANEWS.ID, PATI – Terkadang, hal-hal yang dianggap kuno tak selamanya ketinggalan zaman, termasuk Kuliner Ndas Manyung. Penampilan makanan tradisional ini memang cukup sederhana, dan usianya terbilang cukup lama. Namun, penikmatnya justru dari berbagai kalangan termasuk anak muda.

Tak sedikit, generasi muda yang menjadikan ndas manyung sebagai kuliner favorit, khususnya saat berada di wilayah Pati. Sensasi pedasnya, bikin olahan khas Pantura Timur ini selalu diburu penikmat kuliner.

Mutia Paramadina, warga asal Sukoharjo ini, mengaku saat berkunjung ke Pati, selalu mencari kuliner ndas manyung. Menurutnya, olahan ikan manyung yang paling sedap dan enak serta pedas khas merica yang sangat sensasional, hanya di Pati.

-Advertisement-

Baca juga: Cuma Buka Setengah Hari, Sego Godong Jati Rendeng Kudus Tak Pernah Sepi Pembeli

“Saya kalau ke Pati selalu cari kuliner yang katanya terkenal dengan ndas manyungnya. Di sini rasa pedasnya dari merica dan cabe asli sangat terasa sekali. Bumbu rempah rempahnya juga pas tidak kelebihan tidak kekurangan, cocok di lidah pokoknya,” ujar Mutia saat menikmati kuliner ndas manyung di warung Sambel Pee S’mbok, beberapa waktu lalu.

Ia menyebut, perpaduan bumbunya yang khas dan rasa pedasnya, serta daging ikan manyung yang empuk, menjadi keunggulan kuliner tersebut. Belum lagi, ikan manyung yang fresh, katanya memiliki nilai gizi yang lebih.

Untuk itu, dirinya lebih memilih masakan-masakan tradisional seperti ndas manyung tersebut, dibanding dengan makanan cepat saji.

Hal senada juga dikatakan Rochaida. Selain sensasi pedas dari olahan ndas manyung itu, katanya, sensasi krokotnya bikin kuliner tersebut nagih untuk dinikmati.

Baca juga: Menjajal Nikmatnya Ikan Gathul, Kuliner Khas Wisata Gunungrowo Pati

“Kalau makan ini kan apa ya, krokot-krokotnya itu lho, ada sensasi tersendiri. Bikin nagih sih, apalagi rasa pedasnya itu, enak banget,” ungkapnya.

Ia yang berasal dari Kudus tersebut, mengaku sudah tak asing dengan kuliner ndas manyung. Dalam beberapa pekan, ia selalu menikmati kuliner khas Pati itu.

Editor: Ahmad Muhlisin

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

42,000FansSuka
13,322PengikutMengikuti
30,973PengikutMengikuti
141,000PelangganBerlangganan

TERPOPULER