31 C
Kudus
Selasa, Juli 16, 2024

Museum Kartini Cukup Sepi Pengunjung saat Libur Sekolah, Kalah dengan Objek Lain?

BETANEWS.ID, JEPARA – Menyambut musim libur sekolah, Museum Kartini Jepara menyediakan fasilitas khusus berupa penampilan sulap. Pertunjukan dari para badut ini khusus untuk pengunjung yang datang bersama rombongan dan sudah pesan sebelumnya.

Manajer Museum Kartini Jepara, Iwan Nugroho, mengatakan, fasilitas tersebut diberikan gratis di luar biaya tiket masuk saat ke museum. Selain menyediakan fasilitas khusus, di musim libur sekolah, Museum Kartini juga mengadakan beberapa kegiatan untuk menarik minat pengunjung.

“Selama musim libur sekolah ini, kita punya branding Liburan Asik di Museum Kartini. Untuk pengunjung yang datang rombongan dan sudah booking, nanti kita kasih fasilitas khusus berupa sulap gratis. jadi bisa jadi hiburan selain melihat koleksi museum,” katanya di Museum Kartini, Jumat (5/7/2024).

-Advertisement-

Baca juga: Libur Sekolah, Perputaran Uang di Karimunjawa Capai Rp1,2 Miliar per Hari

Menurutnya, selama musim libur sekolah tahun ini, kunjungan wisatawan ke Museum Kartini terbilang sepi, meski ada peningkatan dibanding hari-hari biasa.

Hal tersebut berbanding terbalik dengan jumlah kunjungan selama musim libur sekolah tahun sebelumnya. Pada Juni 2023, jumlah pengunjung sekitar 3.700. Namun tahun ini jumlah hanya 550 orang.

“Jumlah pengunjung di musim liburan ini landai-landai saja, tidak terjadi peningkatan. Karena kalau museum biasanya ramai itu justru waktu outing class atau habis tes semesteran. Sebelum libur sekolah, lah, ramainya malah,” jelasnya.

Baca juga: Isi Libur Sekolah, Siswa SMP di Jepara Belajar Mengukir

Namun, meski tidak terjadi lonjakan jumlah pengunjung, ia menyebut target Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari Museum Kartini 2024 sudah terealisasi, bahkan lebih dari 100 persen. Dari target Rp19.440.000 hingga Juni sudah tercapai Rp20.419.000 atau 105 persen.

“Target itu sudah tercapai karena sebelumnya biaya tiket masuk hanya di Sabtu, Minggu, dan pekan tertentu, sedangkan mulai tahun ini kan berbayar setiap hari. Jadi cukup berdampak,” katanya.

Editor: Ahmad Muhlisin

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

42,000FansSuka
13,322PengikutMengikuti
30,973PengikutMengikuti
141,000PelangganBerlangganan

TERPOPULER