31 C
Kudus
Jumat, Juli 19, 2024

Ketahuan Gunakan KK Palsu, Calon Siswa di Pati Direkomendasikan ke Sekolah Swasta

BETANEWS.ID, PATI – Dalam Pendaftaran Peserta Didik Baru (PPDB) di sejumlah SMA Negeri di Kabupaten Pati, ditemukan belasan Kartu Keluarga (KK) palsu. KK itu diduga sengaja dibuat agar calon siswa diterima di sekolah favorit.

Penemuan KK palsu ini terungkap setelah orang tua calon siswa melaporkan dokumen persyaratan siswa baru ke Dinas Pendidikan dan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Pati.

Baca Juga: Kasus Dugaan Inses Bapak-Anak di Pati: Pelaku Lakukan Berulang dan Korban Diancam

-Advertisement-

Terkait hal itu, Cabang Dinas Pendidikan Wilayah III Provinsi Jawa Tengah melakukan tindak lanjut, dengan melakukan validasi ke Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Pati.

Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah III Provinsi Jawa Tengah Deyas Yani Rahmawan mengatakan, terkait temuan KK palsu sebanyak 18, yakni di SMAN 1 Pati dan SMAN 1 Juwana itu, sudah dilakukan verifikasi pada saat daftar ulang.

“Jadi kemarin itu memang dilakukan verifikasi ulang. Karena daftar ulang itu kesempatan untuk melakukan verifikasi ulang terkait dokumenm Daftar ulang adalah kesempatan untuk memverikasi ulang kesahihan dokumen,” ujar Deyas, Selasa (9/7/202).

Ia menyebut, dari 18 KK yang ketahuan palsu dalam PPDB di SMAN 1 Pati dan SMAN 1 Juwana, pihaknya merekomendasikan calon peserta didik untuk ke sekolah swasta.

Rekomendasi itu katanya, untuk memberikan solusi terhadap calon siswa. Sehingga, pihaknya tidak hanya mengeluarkan atau mendiskualifikasi saja, namun juga memberikan solusi terhadap calon siswa yang bersangkutan.

Baca Juga: Pati Dihebohkan Dugaan Kasus Inses Bapak dan Anak, Korban Alami Depresi

“Ketika di sekolah itu nantinya tidak diterima, tidak sesuai ketentuannya, maka kita salurkan ke swasta, supaya tidak buntu,” ungkapnya.

Dirinya menyebut, bahwa yang bersangkutan sudah mengakui dan sudah menerima.

Editor: Haikal Rosyada

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

42,000FansSuka
13,322PengikutMengikuti
30,973PengikutMengikuti
141,000PelangganBerlangganan

TERPOPULER