31 C
Kudus
Rabu, Juli 17, 2024

Kades Rahtawu Targetkan Pemasukan Desa di Bulan Sura Capai Rp100 Juta

BETANEWS.ID, KUDUS – Bulan Suro menjadi bulan berkah bagi masyarakat Desa Rahtawu, Kecamatan Gebog, Kabupaten Kudus. Sebab, pada awal tahun penanggalan Islam dan Jawa itu, jumlah pengunjung melonjak hingga puluhan ribu sehari. Mereka mayoritas adalah pertapa yang datang satu tahun sekali untuk melakuan ritual di berbagai petilasan.

Kepala Desa (Kades) Rahtawu, Rasmadi Didik Ariyadi, menargetkan, pemasukan desa di Bulan Muharram bisa capai Rp90 juta hingga Rp100 juta. Target tersebut diakumulasikan selama 14 hari.

“Untuk pendapatan bersih, saya targetkan bisa capai Rp60 juta. Kalau globalnya atau terimanya, ya, kurang lebih Rp90-100 juta. Karena memang harus kepotong lain-lain yang menunjang pelaksanaan kegiatan demi keamanan dan kenyamanan bagi pengunjung,” jelasnya, Jumat (5/7/2024).

-Advertisement-

Baca juga: Jelang Suro, Pemdes Rahtawu Siapkan Pengawalan Keamananan Bagi Pertapa

Ia menjelaskan, satu Muharam yang jatuh pada Minggu (7/7/2024) itu akan menjadi awal ramainya pengunjung. Terlebih, dalam kepercayaan Aboge, satu Suro jatuh pada Selasa (9/7/2024). Ia mengatakan, puncak event suronan tersebut akan berlangsung mulai 1-10 Muharam.

“Jadi untuk ramainya, malam Minggu kemungkinan sudah banyak pengunjung berdatangan. Maka dari itu, kami sudah mulai mempersiapkan untuk pengawalan demi keamanan dan kenyamanan bagi pengunjung,” ungkapnya.

Didik berharap, event suronan dapat berjalan lancar tanpa halangan apapun. Pihaknya juga meminta untuk para pengunjung mematuhi aturan-aturan yang diberlakukan, sehingga bersama-sama menerima manfaatnya.

“Mereka yang punya hajat menjalani ritual dengan tenang, Pemdes (Rahtawu) pun bisa meningkatkan dalam perekonomian dan kesejahteraan masyarakat, khususnya di Desa Rahtawu,” terangnya.

Editor: Ahmad Muhlisin

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

42,000FansSuka
13,322PengikutMengikuti
30,973PengikutMengikuti
141,000PelangganBerlangganan

TERPOPULER