31 C
Kudus
Jumat, Juli 19, 2024

Jalan Baru Penghubung Kembang-PLTU Tanjungjati Selesai Dibangun

BETANEWS.ID, JEPARA – Mobilitas warga di Kecamatan Kembang dan sekitarnya kini terbantu dengan adanya jalan baru mulai dari arah masuk Desa Balong hingga ke PLTU Tanjungjati B. Jalan selebar 6 meter dengan konstruksi beton tersebut menembus hutan milik Perhutani di kedua lokasi tersebut.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Jepara, Edy Sudjatmiko, mengatakan, terwujudnya jalan sepanjang sekitar 9,5 kilometer tersebut merupakan bentuk sinergitas antara Perum Perhutani Kesatuan Pemangku Hutan (KPH) Pati dengan Pemkab Jepara.

“Jalan mulai dari Desa Balong sampai PLTU Tanjungjati B telah selesai dibangun. Selain untuk PLTU, jalan ini juga bisa dimanfaatkan oleh masyarakat umum,” katanya, Jumat (5/7/2024).

-Advertisement-

Baca juga: 413 Aplikasi di Jepara Bakal Disatukan Menjadi Samudra

Ia menjelaskan, jalan tersebut awalnya berupa jalur Hutan Perhutani, lalu ditingkatkan kualitasnya dengan beton dan dilonggarkan. Setelah terwujudnya pembangunan jalan tersebut, ia berharap ke depan, kerja sama tetap terus berlanjut dalam memenuhi fasilitas umum, baik untuk masyarakat maupun pemerintahan.

Sementara itu, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekda Jepara, Hery Yuliyanto, menambahkan, selain jalan, pihaknya juga akan melengkapinya dengan sarana pendukung.

Baca juga: Bekas Lahan Tambak Udang Karimunjawa Disarankan Jadi Lahan Budi Daya Rumput Laut

“Nanti juga akan dipasangi rambu-rambu jalan dan lampu penerang jalan. Ini sebagian juga telah selesai dipasang,” katanya.

Adapun total luas lahan yang digunakan mencapai 5.027 hektare dengan lebar 8 meter. Dalam prosesnya, konstruksi jalan yang dibuat selebar 6 meter. Sisanya digunakan untuk membangun talut dan pendukung jalan. Sedangkan untuk proses pengurukan bahu jalan antara cor dengan talut masih berlangsung.

Editor: Ahmad Muhlisin

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

42,000FansSuka
13,322PengikutMengikuti
30,973PengikutMengikuti
141,000PelangganBerlangganan

TERPOPULER