31 C
Kudus
Rabu, Juli 24, 2024

694 Koperasi di Jepara Diharapkan Mampu Berkembang Mengikuti Perubahan Zaman

BETANEWS.ID, JEPARA – Dalam rangka pencanangan peringatan Hari Koperasi ke-77, Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Jepara, Edy Sudjatmiko berharap 694 Koperasi di Jepara mampu bertumbuh dan bergerak dinamis mengikuti era kemajuan teknologi dan sistem yang serba digital.

Keberadaan koperasi menurutnya jangan sampai tergilas oleh zaman. Inovasi dan segala bentuk modernisasi harus dilakukan. Selain itu, kepada generasi muda ia juga berapaan agar bisa mengambil peran di titik garis terdepan untuk mewujudkan hal tersebut.

Baca Juga: Jalan Baru Penghubung Kembang-PLTU Tanjungjati Selesai Dibangun

-Advertisement-

“Peringatan Harkopnas adalah momen refleksi pada nilai, semangat, dan progres pembangunan perkoperasian sebagai perwujudan ekonomi kerakyatan, dan Soko Guru Perekonomian Indonesia,” katanya dalam kegiatan Apel Pencanangan Peringatan Hari Koperasi Nasional (Harkopnas) ke-77 tingkat Kabupaten Jepara Tahun 2024, Jumat (5/7/2024) di Alun-alun 2 Jepara.

Pada peringatan Harkopnas ke-77 ini, ia meminta agar generasi muda ikut andil dalam menyukseskan pembangunan, pemberdayaan, pengembangan dan modernisasi koperasi di tengah era digitalisasi dan kesiapan menghadapi bonus demografi pada 2025 nanti.

“Dengan segala kemampuan dan perubahan sosial serta kultural saat ini, koperasi harus mau dan mampu dan mampu merangkul generasi milenial, generasi muda berpotensi untuk bergabung di koperasi,” katanya.

Dia juga berpesan jangan sampai generasi tua terlalu mendominasi dan di sisi lain generasi muda yang penuh energi, kreatifitas, dan semangat malah tidak tertarik untuk berkarier di koperasi.

Baca Juga: Museum Kartini Cukup Sepi Pengunjung saat Libur Sekolah, Kalah dengan Objek Lain?

Terlebih menurutnya 694 koperasi di Kabupaten Jepara telah berkontribusi pada penurunan jumlah angka pengangguran. Hal tersebut dibuktikan dengan penyerapan tenaga kerja lebih dari 7.400 karyawan dan mampu menyerap 173.674 anggota. Selain itu, koperasi juga berperan menyalurkan pinjaman untuk pedagang kecil dan pelaku usaha mikro.

Pada kegiatan tersebut, juga turut diserahkan beberapa bantuan dari berbagai koperasi. Di antaranya adalah bantuan bedah rumah, santunan anak yatim, pemberian Al-Qur’an, beasiswa sekolah, dan bantuan bibit tanaman. Setelah itu, kegiatan dilanjutkan dengan senam bersama dan jalan sehat.

Editor: Haikal Rosyada

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

42,000FansSuka
13,322PengikutMengikuti
30,973PengikutMengikuti
141,000PelangganBerlangganan

TERPOPULER