31 C
Kudus
Jumat, Juli 19, 2024

TPA Overload, Kendaraan Sampah Antre Berjam-Jam Bahkan Ada yang Sampai Terguling 

BETANEWS.ID, KUDUS – Antrean kendaraan pengangkut sampah mengular hingga jalan raya di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Tanjungrejo, Kecamatan Jekulo, Kabupaten Kudus, Selasa (25/6/2024). Kondisi ini berlangsung berbulan-bulan karena tempat tersebut sudah overload.

Salah satu pengangkut sampah, Utomo, mengatakan, sejak musim hujan kemarin atau sekitar tiga bulan lalu sering terjadi antrean pembuangan sampah, karena alat berat penata sampah sudah usang dan sering rusak.

Dua orang melewati gunungan sampah di TPA Tanjungrejo. Foto: Rabu Sipan

“Antrean buang sampah begini bisa sampai satu jam bahkan lebih. Karena antre, pembuangan sampah jadi tersendat. Yang biasanya bisa buang tiga kali sehari, sekarang berkurang jadi dua kali atau satu kali saja,” ujarnya.

-Advertisement-

Baca juga: Kudus Darurat Sampah, Masan: ‘Kinerja Kepala Dinas PKPLH Elek’

Selain alat berat yang rusak, kata dia, TPA Tanjungrejo sebenarnya sudah tak muat lagi untuk menampung sampah. Medan pembuangan juga sudah sangat sulit.

“Bahkan beberapa kali kendaraan roda tiga pengangkut sampah itu sampai terguling. Kendaraan pengangkut sampah saya juga pernah terguling. Kami berharap segera ada perluasan TPA, agar pembuangan sampah lebih lancar,” harapnya.

Hal yang sama juga disampaikam oleh Nur Hidayat. Dia menuturkan, ketika alat berat rusak seperti saat ini, pasti terjadi antrean kendaraan pengangkut sampah. Bahkan, antreannya bisa panjang sampai jalan raya.

Hidayat menuturkan, tiap membuang sampah dikenai tarif Rp20 ribu sekali buang. Menurutnya, membayar retribusi tak masalah, yang terpenting lancar.

Baca juga: Pengelolaan TPA Tanjungrejo Amburadul, Sampah di Pasar Bitingan Terbengkalai

“Kalau alat berat rusak begini, selain antre kami nanti juga harus menurunkan sampah secara manual,” bebernya.

Dia pun berharap, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kudus segera memberi alat berat baru, sehingga sampah di TPA Tanjungrejo bisa tertata dan pembuangan bisa lancar.

Kami gak ada masalah bayar ketika buang sampah. Tapi mohon agar alat beratnya diperbarui,” harap warga Terban tersebut.

Editor: Ahmad Muhlisin

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

42,000FansSuka
13,322PengikutMengikuti
30,973PengikutMengikuti
141,000PelangganBerlangganan

TERPOPULER