31 C
Kudus
Selasa, Juni 25, 2024

Ratusan Los Pasar Babe Kudus Ludes Terbakar, Diduga Karena Korsleting Listrik

BETANEWS.ID, KUDUS – Ratusan los Pasar Barang Bekas (Babe) di Jalan Kudus-Purwodadi, Desa Jati Wetan, Kecamatan Jati, Kabupaten Kudus ludes dilalap si jago merah. Saking besarnya api, kontruksi pasar yang terbuat dari baja pun ikut roboh.

Pantauan di lokasi, barang-barang milik pedagang hampir tak ada yang tersisa. Meski sudah padam tapi kepulan asap masih terlihat. Tim pemadam kebakaran dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan Satpol PP Kudus juga masih melakukan pendinginan.

Kondisi Pasar babe yang terbakar, Rabu (5/6/2024) dini hari. Foto: Rabu Sipan

Relawan BPBD Kabupaten Kudus, Sumijan, mengatakan, kebakaran terjadi sekira pukul 1:00 WIB saat keadaan sepi dan tak ada orang. Api itu cepat menjalar dan membesar cukup cepat karena banyak barang-barang yang mudah terbakar.

-Advertisement-

Baca juga: Jalan Gondosari-Menawan Rusak Parah, Sering Akibatkan Kecelakaan hingga Nyawa Melayang

“Karena angin juga cukup kencang, api cepat membesar. Kami tim pemadam kebakaran sampai lokasi kebakaran sekira pukul 1:30 WIB atau setengah jam setelahnya,” ujar Sumijan kepada Betanews.id saat ditemui di lokasi, Rabu (5/6/2024).

Selain itu, kata Sumijan, barang-barang di dalam los yang terbakar mayoritas terbuat dari plastik, sehingga api cepat membesar dan susah dipadamkan. Dalam tempo singkat, api pun sudah melahap semua los.

“Api baru bisa dipadamkan pada pukul 4:00 WIB atau butuh tiga jam. Sementara armada yang dikerahkan ada tujuh mobil pemadam kebakaran,” bebernya.

Sementara untuk penyebab kebakaran, Sumijan, menyampaikan dugaannya dikarenakan adanya korsleting listrik. Namun, secara pasti menunggu informasi dari pihak kepolisian.

Baca juga: Pembebasan Lahan Belum Kelar, Proyek Kolam Retensi di Jati Wetan Kudus Terus Jalan

Sementara itu, Kepala Satpol PP Kudus, Kholid Seif mengatakan, setelah api padam saat ini dilanjutkan proses pendinginan. Ada dua armada yang disiagakan untuk pendinginan, sebab masih ada beberapa bara yang masih mengepulkan asap.

“Saat ini kita lakukan pendinginan untuk memastikan api benar-benar padam,” ujar Kholid.

Disinggung penyebab kebakaran, Kholid belum bersedia banyak bicara. Menurutnya, hal itu menunggu dari penyelidikan dari kepolisian.

“Terkait penyebabnya kami belum tahu. Biar nanti pihak kepolisian yang memberikan keterangan,” bebernya.

Editor: Ahmad Muhlisin

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

42,000FansSuka
13,322PengikutMengikuti
30,973PengikutMengikuti
140,000PelangganBerlangganan

TERPOPULER