31 C
Kudus
Selasa, Juli 16, 2024

PPDB Dibuka Online, SMPN 2 Kudus Bantu Layani Pendaftar

BETANEWS.ID, KUDUS – Pendaftaran Peserta Didik Baru (PPDB) tingkat SMP di Kabupaten Kudus mulai dibuka per hari ini (24-27/6/2024). Salah satu SMPN di Kudus, SMPN 2 Kudus juga mulai melakukan PPDB online. Sementara kuota siswa SMPN 2 Kudus tahun ini sebanyak 224 siswa.

Kepala SMPN 2 Kudus, In Setyorini mengatakan, di hari pertama PPDB online tingkat SMP di Kudus, antusiasme calon peserta didik baru bagus sekali. Bahkan mereka rela datang ke sekolah untuk mengetahui cara mendaftar di sekolah tersebut. Mengingat banyak wali murid yang masih belum paham dan mengerti daftar online.

Baca Juga: Gen Z Kenalkan Wisata Lereng Muria

-Advertisement-

“Kami tetap melayani para pendaftar, bagi orang tua yang masih kebingungan untuk mendaftar secara online. Kami juga menyediakan dua laptop untuk membantu dan mendampingi mereka mendaftar secara online di sini. Sementara untuk upload lewat hp masing-masing,” bebernya saat ditemui di ruangannya, Senin (24/6/2024).

Di hari pertama ini, katanya, animo siswa sudah banyak yang masuk mendaftar di sekolah tersebut. Per pukul 9.30 WIB, setidaknya ada 50 siswa yang sudah mendaftarkan diri. Kebanyakan dari puluhan siswa yang mendaftar itu, mendaftar di jalur zonasi.

“Untuk saat ini sesuai data yang sudah masuk sudah ada 50 siswa yang diverifikasi mendaftar di sini. Kebanyakan dari mereka daftar di jalur zonasi. Di hari pertama ini, jalur zonasi paling dekat 156 meter dan paling jauh sekitar 1,9 kilometer,” ungkapnya.

Ia menjelaskan, untuk jalur prestasi yang menggunakan piagam atau sertifikat, setidaknya minimal 6 bulan sebelum adanya PPDB dimulai. Sehingga apabila, ada calon peserta yang menggunakan piagam serta sertifat prestasi menjuarai lomba di bulan Maret misalkan, hal itu tak bisa menjadi bahan pertimbangan.

“Minimal sertifat terbit itu 6 bulan dan maksimal tiga tahun. Untuk jalur prestasi ada sebanyak 67 siswa atau 30 persen dari kuota. Untuk jalur zonasi ada sebanyak 112 siswa atau dari 50 persen, jalur afirmasi 15 persen atau 33 siswa, jalur perpindahan orang tua 5 persen atau 12 siswa,” rincinya.

Baca Juga: Forum Kalen dan Beta Media Telisik Persoalan Krisis Air dan Sanitasi di Kudus

Ia menambahkan, sejauh ini tidak ada kendala yang berarti dalam pelaksanaan PPDB online di SMPN 2 Kudus. Untuk server, sampai saat ini menurutnya juga tidak ada kendala. Meski begitu, untuk menghindari server down, pihaknya bekerjasama dengan Telkom untuk mempercantik jaringan server.

“Untuk pelaksanaan PPDB online selama 4 hari ini, saya rasa cukup. Yang terpenting itu untuk para wali murid terus melakukan pantauan secara rutin. Sehingga misalkan calon peserta didik tidak memenuhi syarat menjadi siswa di sana, bisa langsung melakukan pendaftaran ke sekolah lain, selama PPDB masih berlangsung,” imbuhnya.

Editor: Haikal Rosyada

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

42,000FansSuka
13,322PengikutMengikuti
30,973PengikutMengikuti
141,000PelangganBerlangganan

TERPOPULER