31 C
Kudus
Sabtu, Juli 20, 2024

Gen Z Kenalkan Wisata Lereng Muria

BETANEWS.ID, KUDUS – Generasi Z di Kudus memulai langkah berani untuk memperkenalkan dan mengembangkan potensi alam serta budaya di lereng Muria melalui inisiatif Muria Jeep. Dikelola oleh sekelompok anak muda yang penuh semangat, Muria Jeep menawarkan pengalaman wisata yang unik dan edukatif.

Inisiatif Muria Jeep tidak hanya berfokus pada petualangan alam, tetapi juga pada pemberdayaan ekonomi lokal. Para pengelola bekerjasama dengan berbagai UMKM di sekitar lereng Muria, mengajak wisatawan untuk mengunjungi dan membeli produk-produk khas lokal seperti makanan khas, dan jajanan tradisional. Kolaborasi ini tidak hanya memperkaya pengalaman wisatawan tetapi juga membantu meningkatkan perekonomian masyarakat setempat.

Baca Juga: Forum Kalen dan Beta Media Telisik Persoalan Krisis Air dan Sanitasi di Kudus

-Advertisement-

Salah satu pengelola Muria Jeep, Alina Roychatus (19), menjelaskan, bahwa inisiatif ini lahir dari keinginan untuk memaksimalkan potensi wisata lereng Muria sambil menjaga kelestariannya. Pengadaan kegiatan tersebut bertujuan meningkatkan kesadaran dan kepedulian terhadap lingkungan.

“Kami melihat banyak keindahan dan potensi di lereng Muria yang belum banyak diketahui orang. Melalui Muria Jeep, kami ingin memperkenalkan semua itu kepada masyarakat luas, sekaligus mengedukasi masyarakat tentang pentingnya pelestarian lingkungan dan pemberdayan daerah sendiri,” ungkap Alina.

Dengan semangat dan inovasi, para pemuda yang tergabung dalam Muria Jeep membuktikan bahwa mereka mampu memainkan peran penting dalam pengembangan pariwisata dan pemberdayaan ekonomi lokal. Kreativitas mereka tidak hanya membawa dampak positif bagi lingkungan, tetapi juga memberikan manfaat nyata bagi masyarakat setempat.

Baca Juga: BLT Buruh Rokok dari Pemprov Jateng Sudah Cair, dari Pemkab Kudus Kapan?

“Untuk anggota, kami ada enam orang yang merupakan generasi Z semua. Lalu kita juga bekerjasama dengan warung Mbok Tin, yang mana tempat itu menjadi start untuk memulai petualangan alam di lereng Muria,” ujarnya.

Ia menambahkan, inisiatif Muria Jeep itu diharapkan dapat menginspirasi lebih banyak generasi muda untuk terlibat dalam memanfaatkan dan melestarikan potensi alam serta budaya di daerahnya masing-masing. Dengan begitu, pariwisata yang berkelanjutan dan pemberdayaan masyarakat lokal dapat terus berkembang, memberikan manfaat jangka panjang bagi lingkungan dan perekonomian daerah.

Editor: Haikal Rosyada

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

42,000FansSuka
13,322PengikutMengikuti
30,973PengikutMengikuti
141,000PelangganBerlangganan

TERPOPULER