31 C
Kudus
Jumat, Juli 12, 2024

Meski Laku Banyak, Penjual Kambing di Undaan Kudus Ini Ngaku Penjualan Menurun

BETANEWS.ID, KUDUS – Para penjual hewan kurban di Kabupaten Kudus mengeluhkan adanya penurunan penjualan pada Hari Raya Iduladha tahun ini. Abdullah Said misalnya. Peternak kambing asal Desa Undaan Tengah, Kecamatan Undaan itu mengaku tahun ini tak menyediakan banyak ternak.

Pada tahun-tahun sebelumnya, Said biasanya menyediakan puluhan kambing untuk persediaan kurban. Namun, kali ini ia hanya mempunyai belasan ekor saja.

“Kalau dibandingkan dengan tahun sebelumnya, ini termasuk menurun, karena dulu memang banyak sampai puluhan kambing. Namun, sekarang mungkin sudah banyak pedagang kambing yang lain atau sebagian sudah beralih ke hewan kerbau, sapi, dan sebagainya,” tuturnya.

-Advertisement-

Baca juga: Pedagang Lain Keluhkan Sepi, Kholid Justru Bisa Jual 50 Kambing di Pasar Hewan Kudus

Ia mengungkapkan, saat ini ia hanya menyediakan 13 ekor saja. Dari jumlah tersebut, delapan ekor sudah terjual dan sisa lima ekor sudah ada yang berminat membeli. Makanya ia berharap, semoga ke depannya penjualan kambing jelang Iduladha lebih laris manis.

Dengan menyediakan kambing jenis Jawa randu, katanya, ia mematok sesuai harga pasaran mulai Rp3 juta hingga Rp4 juta. Menurutnya, pembeli dari tetangga hingga luar desa.

“Harga jelang Iduladha ini ada kenaikan mulai Rp200 ribu sampai Rp400 ribu dari harga normal. Mudah-mudahan nanti habis,” jelas peri berusia 35 tahun tersebut.

Editor: Ahmad Muhlisin

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

42,000FansSuka
13,322PengikutMengikuti
30,973PengikutMengikuti
141,000PelangganBerlangganan

TERPOPULER