31 C
Kudus
Rabu, Juli 17, 2024

Info Harga Hewan Kurban Kudus Terbaru

BETANEWS.ID, KUDUS – Hari Raya Iduladha yang sebentar lagi akan tiba adalah berkah tersendiri bagi para pedagang ternak, termasuk mereka yang berada di Pasar Hewan Jalan Lingkar Timur, Desa Gulang, Kecamatan Mejobo, Kabupaten Kudus.

Mendekati lebaran kurban, harga hewan secara otomatis mengalami kenaikan dibandingkan dengan hari biasanya. Kenaikannya pun bervariasi. Kambing jenis etawa dan randu jawa naiknya mulai dari Rp300 ribu.

Baca Juga: Pastikan Sembelihan Hewan Kurban Halal, Dispertan Kudus Beri Pelatihan Juleha

-Advertisement-

Salah satu penjual di pasar hewan, Kholid Suabi mengatakan, mulai awal bulan Zulhijah, hewan kurban mengalami peningkatan harga dari hari biasanya. Untuk harga kambing maupun domba berkisar antara Rp2,5 juta hingga Rp8 juta per ekornya. Tergantung dari jenis maupun bobot hewan.

“Untuk kenaikan baru kemarin. Pokoknya mulai tanggal satu Zulhijjah hewan kurban mengalami kenaikan harga. Naiknya juga sedikit demi sedikit. Bisa saja semakin mendekati hari H, harga juga akan semakin naik,” bebernya, Rabu (12/6/2024).

Berbeda dengan penjual hewan kurban lainnya, Kholid mengaku barang dagangannya laku keras oleh pembeli. 50 ekor kambing yang dibawanya habis tak tersisa dalam satu hari pasaran tersebut.

“Kalau dibandingkan dengan tahun lalu, menurut saya ya ramai tahun ini. Peningkatan penjualan tahun lalu sekitar 50 persen saat ini sampai 70 persen. Untuk tahun ini, stok barang sekitar ada 100 ekor, sudah laku sampai 65 ekor. 35 sisanya belum laku” tuturnya.

Penjual sapi, Ashadi Husain menuturkan, untuk harga sapi jelang lebaran kurban ini juga mengalami kenaikan. Katanya, saat ini harga sapi dipasaran berkisar antara Rp21 juta sampai Rp39 juta. Harga tersebut juga tergantung berat maupun jenis sapi.

“Untuk bobot, pembeli bisa memilih sendiri sesuai dengan keinginan. Sejauh ini paling banyak dicari harga Rp25-26 juta. Sementara untuk bobot sapi yang ada di kandang mulai 48 kuintal sampai 73 kuintal,” ungkapnya.

Baca Juga: Masan Tegaskan Temuan BPK Harusnya Tak Hambat Serapan APBD Kudus 2024

Lalu, untuk harga kerbau jelang lebaran kurban berkisar antara Rp22-27 juta. Hal itu disampaikan oleh Mashadi, penjual kerbau. Tak seperti penjualan di tahun-tahun sebelumnya, tahun ini penjualannya menurun drastis hingga 50 persen.

“Saat ini masih sepi. Ini tadi bawa 20 ekor, hanya laku satu ekor. Untuk faktor karena ekonomi, dimana orang lebih mengutamakan kebutuhan pokok terlebih dahulu,” imbuhnya.

Editor: Haikal Rosyada

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

42,000FansSuka
13,322PengikutMengikuti
30,973PengikutMengikuti
141,000PelangganBerlangganan

TERPOPULER