31 C
Kudus
Rabu, Juli 17, 2024

Masan Tegaskan Temuan BPK Harusnya Tak Hambat Serapan APBD Kudus 2024

BETANEWS.ID, KUDUS – Tertundanya serapan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) 2024 diduga karena ada temuan dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) pada tahun sebelumnya. Temuan ini membuat beberapa dinas di Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kudus harus mengembalikan uang hingga miliaran rupiah.

Menurut Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kudus, Masan, temuan BPK seharusnya tak menghambat serapan anggaran APBD 2024.

“Seharusnya persoalan temuan BPK itu dibedakan. Sebab, temuan itu di pekerjaan APBD tahun lalu sementara ini, kan, pekerjaan di APBD tahun ini,” tegas Masan di Gedung DPRD Kudus, belum lama ini.

-Advertisement-

Baca juga: Sampai Juni Proyek Infrastruktur Belum Ada yang Jalan, Trauma Adanya Temuan BPK?

Masan mengatakan, APBD 2024 itu sudah disahkan lebih awal yakni November 2023 dengan Peraturan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). Tujuannya, agar semua program kerja Pemkab Kudus bisa dimulai lebih awal.

“Dengan pekerjaan dimulai lebih awal, maka hasilnya akan bagus kualitasnya. Sebab, proses pengerjaan tidak kejar-kejaran dengan waktu,” bebernya.

Masan lantas mempertanyakan gunanya APBD disahkan lebih awal apabila pengerjaannya malah molor dengan alasan menunggu hasil pemeriksaan dan rekomendasi BPK.

Mbok, ya APBD dibahas setelah pemeriksaan BPK, kalau itu acuannya. APBD dibahas dan disahkan pada November 2023 sesuai Permendagri itu dengan tujuan agar Januari 2024 pekerjaan bisa dilaksanakan,” tekan Masan.

Baca juga: Warga Keluhkan Jalan Rusak, Masan: ‘Anggaran Ada tapi Tak Segera Dibangun’

Menurut Masan, ketika pekerjaan APBD sudah mulai berjalan, maka banyak yang akan menerima manfaatnya, seperti toko bangunan dan warung nasi. Pekerjaan tersebut juga bisa mengurangi pengangguran, karena memerlukan tenaga kerja.

“Ekonomi akan meningkat dan berdampak pada kesejahteraan masyarakat. Multiplier effect di situ. Itulah kenapa APBD dilaksanakan di awal,” imbuhnya.

Editor: Ahmad Muhlsiin

Ahmad Muhlisin
Ahmad Muhlisinhttps://betanews.id
Jurnalis Beta Media yang sebelumnya telah lama menjadi reporter dan editor di sejumlah media.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

42,000FansSuka
13,322PengikutMengikuti
30,973PengikutMengikuti
141,000PelangganBerlangganan

TERPOPULER