31 C
Kudus
Selasa, Juli 16, 2024

Pastikan Sembelihan Hewan Kurban Halal, Dispertan Kudus Beri Pelatihan Juleha

BETANEWS.ID, KUDUS – Dinas Pertanian dan Pangan (Dispertan) Kabupaten Kudus memberikan pelatihan juru sembelih halal (Juleha) jelang Hari Raya Iduladha. Tujuannya agar penyembelihan hewan kurban sesuai syariat Islam.

Kepala Dispertan Kudus, Didik Tri Prasetyo, mengatakan, jumlah juru sembelih di Kota Kretek masih sangat terbatas. Oleh karena itu, pihaknya pun berinisiatif memberikan pelatihan Juleha.

“Ada kurang lebih 50 orang yang berasal dari sembilan kecamatan di Kudus yang diberi pelatihan Juleha. Tiap kecamatan diwakili antara lima atau enam orang,” ujar Didik di Kantor Dispertan Kudus, Rabu (12/6/2024).

-Advertisement-

Baca juga: 5 Hari Jelang Iduladha, Penjualan Hewan Kurban di Kudus Belum Ramai

Dengan adanya pelatihan Juleha, ungkap Didik, akan memunculkan juru sembelih hewan kurban baru di Kudus yang tentunya sesuai syariat Islam.

“Supaya daging tetap halal dan aman ketika dikonsumsi masyarakat Kabupaten Kudus,” bebernya.

Kepala Bidang (Kabid) Peternakan, Dispertan Kudus, Arin Nikmah, menambahkan, secara teknis pelatihan Juleha ini untuk meningkatkan skill penyembelihan halal. Materinya mencakup prinsip-prinsip penyembelihan hewan kurban sesuai syariat Islam serta undang-undang yang berlaku.

“Dalam pelatihan Juleha ini total ada 9 materi. Jadi nanti outputnya bagi peserta agar penyembelihan kurban benar-benar sesuai syariat Islam,” ujar Arin.

Baca juga: Perajin Logam Kudus Kebanjiran Pesanan Golok Sembelih Jelang Iduladha

Dalam pelatihan Juleha ini, kata Arin, ada praktik penyembelihan kambing dan entok. Untuk penyembelihan kambing sifatnya demo yang langsung dipraktikkan narasumber dari DPW Juleha Jawa Tengah

“Sementara untuk entok kita bagikan ke peserta yang terbagi dalam beberapa kelompok. Nantinya perwakilan peserta akan melakukan penyembelihan,” jelasnya.

Editor: Ahmad Muhlisin

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

42,000FansSuka
13,322PengikutMengikuti
30,973PengikutMengikuti
141,000PelangganBerlangganan

TERPOPULER