31 C
Kudus
Selasa, Juli 16, 2024

5 Hari Jelang Iduladha, Penjualan Hewan Kurban di Kudus Belum Ramai

BETANEWS.ID, KUDUS – Sejumlah penjual hewan kurban di Pasar Hewan Kudus mengeluhkan sepinya pembeli. Bahkan, sampai H-5 Hari Raya Iduladha penjualan sapi, kerbau, hingga kambing tak seramai hari yang sama pada tahun sebelumnya.

Salah satu pedagang hewan kerbau, Mashadi (62), mengungkapkan, penjualan menurun ini hampir dirasakan semua penjual hewan kurban. Bahkan dirinya mengaku mengalami penurunan penjualan hingga 50 persen.

“Menjelang Iduladha ini sepi. Ini tadi bawa 20 ekor kerbau baru laku satu ekor saja. Untuk dibandingkan dengan tahun lalu, penurunan penjualan sampai 50 persen. Karena tahun lalu keseluruhan bisa menjual sampai 40 ekor, saat ini baru 17 ekor saja,” bebernya di pasar yang terletak di Jalan Lingkar Timur, Desa Gulang, Kecamatan Mejobo, Kabupaten Kudus itu, Rabu (12/6/2024).

-Advertisement-

Baca juga: Kebutuhan Ternak Kurban di Kudus Tahun Ini Capai 10.200 Ekor

Sepinya pembeli itu, katanya, tidak membuat harga hewan naik. Meski begitu, pihaknya masih berharap penjualan hewan kurban akan semakin ramai jelang mendekati lebaran.

“Kalau untuk harga kerbau saat ini berkisar Rp22-27 juta, dengan bobot antara 3-4 kuintal lebih,” kata warga Desa Gamong, Kecamatan Kaliwungu itu.

Hal senada juga dikatakan penjual sapi, Ashadi Husain. Meski ada peningkatan penjualan, tapi masih kalah dengan tahun kemarin. Pihaknya memperkirakan penurunan penjualan lebaran kurban ini mencapai 20 persen.

Baca juga: Kebut Pesanan Jelang Iduladha, Bonasih Mampu Produksi 4 Ribu Tusuk Sate Per Hari

“Iduladha ini agak reda sedikit. Sebenarnya sudah ramai tapi agak kurang dibandingkan dengan tahun kemarin. Penurunan penjualan sekira 20 persen,” tuturnya.

Ia mengaku, menjual sapi dengan jenis si metal dengan bobot antara 48-73 kuintal itu dipatok dengan harga sapi berkisar Rp25-39 juta. Menurutnya, banyak permintaan datang lebih suka dengan bobot yang tidak besar atau dengan harga yang lebih terjangkau.

Editor: Ahmad Muhlisin

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

42,000FansSuka
13,322PengikutMengikuti
30,973PengikutMengikuti
141,000PelangganBerlangganan

TERPOPULER